Mensos Buat Lumbung Sosial di Lokasi Banjir Kalbar

  • Bagikan
Mensos Tri Rismaharini (dok.Kemensos)

PONTIANAK, SUDUTPANDANG.ID – Penanganan korban bencana banjir di Kalimantan Barat (Kalbar) akan dipercepat oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Salah satunya dengan mendirikan gudang kebutuhan pokok (bufferstock) di 5 titik di lolos bencana sehingga tidak ada kendala lantaran jalur transportasi terputus.

Point-Blur-Jan152022-200244

“Staf kami masih berada di lokasi banjir, salah satunya di Melawi yang membutuhkan bufferstok. Kami tidak hanya mendirikan 1 tapi 5 titik sebagai antisipasi bagi warga yang kesulitan akses terhadap kebutuhan logistik karena terputus jalur transportasi,” katanya di Pontianak dikutip dalam keterangan pers, Jumat(5/11/2021).

Risma menjelaskan, pendirian bufferstock diperlukan sehingga tidak ada korban banjir yang menunggu bantuan. Dalam kondisi seperti itu, dikhawatirkan warga akan kesulitan memenuhi kebutuhan permakanan.

“Jadi, dengan dibangunnya sebanyak 5 bufferstok di lokasi banjir warga bisa langsung mandiri dan tidak lagi menunggu bantuan dari kita,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar Mensos Tri Rismaharini untuk sigap menangani banjir di Kota Batu, Jawa Timur, Melawi, serta Kalbar. Hal tersebut seiring dengan adanya laporan dari Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, terkait banjir bandang yang melanda wilayahnya.

“Tolong lokasi banjir untuk dapat ditangani dan terus dipantau,” perintah Ma’ruf kepada Risma, Kamis (4/11/2021) malam.(red)

BACA JUGA  Masyarakat Maritim di Pemangkat Antusias Terima "Serbuan Vaksinasi" Tahap Kedua dari Lantamal XII
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *