Optimalkan Mejeng Bonsai, Dinas TPHPKP Magetan Gelar Sarasehan

Bonsai Magetan
Tanaman bonsai saat acara Mejeng Bonsai di halaman parkir Kebun Bunga Refugia, Kabupaten Magetan (Foto: Denny Rubi)

MAGETAN, SUDUTPANDANG.ID – Sebagai upaya dalam mengoptimalkan acara “Mejeng Bonsai” yang diikuti para pecintanya, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan menggelar sarasehan di Kebun Bunga Refugia, Sabtu (26/11/2022).

Setidaknya ada dua narasumber yang dihadirkan dalam kesempatan kali ini yakni dari komunitas bonsai dan tokoh bonsai asal Karanganyar.

IMG-20220125-WA0002

Sebagaimana layaknya narasumber, keduanya memberikan edukasi tentang bonsai, seperti pengertian dasar, pentingnya budidaya hingga standarisasi bonsai. Bahkan selain teori, para pecinta bonsai pun juga diajarkan praktik bagaimana cara membudidaya.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan, Uswatul Chasanah, mengatakan, semua rangkaian kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada para pecinta bonsai di daerah berjuluk “Green Belt Lawu”.

Mejeng bonsai pada tahun ini digelar

Di samping itu pihaknya juga berharap ingin menjadikan bonsai sebagai daya tarik wisatawan.

“Kami dari TPHPKP mendorong bapak ibu ini untuk terus melakukan hal yang sangat bermanfaat ini. Dan kami harapkan juga ingin menjadikan salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Magetan,” kata Uswatul.

Icip-icip Mangga Santok

Ia menjelaskan, agenda Mejeng Bonsai seperti saat ini juga telah digelar pada tahun sebelumnya. Di mana pada waktu itu dibersamakan dengan tanaman hias, sedangkan tahun ini dengan icip-icip santok mangga khas Magetan.

“Event ini sudah kedua kalinya, jadi tahun kemarin kita juga melaksanakan event bonsai yang kita bersamakan dengan tanaman hias. Dan tahun ini kita bersamakan dengan icip Santok. Rangkaian acaranya kita gelar sejak 23 sampai 28 November,” ungkapnya.

Di sisi lain, dalam upaya memajukan bonsai di Magetan, pihaknya memberikan keleluasaan bagi pecinta bonsai untuk memanfaatkan Kebun Bunga Refugia sebagai tempat pemasaran.

“Ini untuk semua penggemar bonsai di Kabupaten Magetan. Apapun wadahnya dari teman-teman pecinta bonsai, hobi bonsai silakan untuk mengisi acara di Kebun Refugia Magetan,” ujar Kadis TPHPKP.(DNY/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *