Daerah  

Pacri Nenas, Kuliner Enak Khas Melayu Pontianak

Pacri Nenas/net

Pontianak, Sudut Pandang-Kuliner yang satu ini merupakan masakan ciri khas Melayu yang layak dicoba sebagai kekayaan khazanah masakan Nusantara. Namanya Pacri nenas. Bentuknya mirip acar dengan rasa asam segar dan harum buah nanas. Dipadu dengan cabe merah dan bunga lawang, rasanya makin renyah dan enak.

Kuliner asal Kota Pontianak Kalimantan Barat ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mudah ditemukan di berbagai tempat di kota Katulistiwa, yakni di warung makan Melayu.

IMG-20220125-WA0002

Pacri nanas adalah masakan gulai versi vegetarian yang gurih dan segar. Penampilannya yang sederhana membuat semua orang ingin mencoba membuatnya. Tetapi, tidak semudah yang dikira. Ternyata proses pembuatannya tidak sederhana dan memerlukan waktu yang cukup lama, serta diperlukan bumbu-bumbu dengan takaran yang pas agar aroma dan gurihnya dirasakan saat masakan tersebut dicicipi.

Proses pembuatannya sangatlah rumit. Ini dilihat dari bahan-bahan pembuatannya yang memerlukan sekitar 15 jenis rempah dan bumbu. Pembuatannya tergantung kesukaan kita. Pacri nenas dapat dibuat dengan santan kental atau santan encer. Tingkat kepedasannya pun dapat disesuaikan. Aromanya harum dengan paduan cantik bunga lawang, cengkeh, dan kayu manis.

Penyajian masakan pacri nanas bisa dikombinasikan dengan nasi kebuli dan kambing panggang atau yang lainnya sesuai dengan selera Anda. Segarnya nenas juga dengan cantiknya mengimbangi cita rasa daging kambing yang khas.

Memang, banyak orang yang kurang terbiasa makan buah dengan nasi. Padahal di berbagai budaya kuliner, padu-padan nasi dengan buah seperti nasi dengan mangga, atau nasi dengan durian, merupakan sajian populer.Red/Sp/Urai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.