Hemmen

Pangdam Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Jajaran Kodam XII/Tpr

Foto:dok.Pendam XII/Tpr

Kubu Raya, Sudutpandang.id – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, menerima laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira jajaran Kodam XII/Tpr, bertempat di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (1/4).

Prosesi laporan korps kenaikan pangkat perwira yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, dan penghormatan kepada Pangdam XII/Tpr selaku pimpinan acara.

Selanjutnya, laporan korps kenaikan pangkat dari perwakilan masing-masing golongan perwira, mulai dari golongan pangkat Letkol, Mayor, Kapten dan Letnan Satu.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, bahwa pola pembinaan karier prajurit di lingkungan TNI AD telah berpedoman pada kebijakan pimpinan TNI AD.

“Kebijakan itu antara lain, menyelenggarakan segala usaha, pekerjaan dan kegiatan mengenai jabatan dan pangkat, penggunaan dan sistem karier khusus perwira serta penentuan kebijaksanaan pembinaan personel bintara atau tamtama, administrasi penugasan personel dan pembinaan Kowad,” ujar Pangdam.

Sejalan dengan itu, lanjut Pangdam, pembinaan karier prajurit di lingkungan Kodam XII/Tpr diharapkan dapat meningkatkan kinerja melalui pengisian jabatan secara profesional, peningkatan kebugaran dan kesemaptaan jasmani serta peningkatan kesejahteraan personel dalam rangka mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi.

BACA JUGA  Jelang Tugas Operasi, Pangdam XII/Tpr Cek Kesiapan Yonif Mekanis 643/Wns

“Sudah sepatutnya anugerah kenaikan pangkat menjadi sesuatu yang membanggakan, dan wajib kita syukuri,” ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Kepada para perwira, Pangdam XII/Tpr berpesan kenaikan pangkat akan menuntut konsekuensi peningkatan integritas dan kualitas para perwira untuk terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan manajerialnya secara baik. Kepemimpinan yang profesional serta proporsional dalam mengemban setiap tugas tanggung jawab jabatan.

Team Work

Komitmen untuk membangun dan membesarkan Kodam XII/Tpr, tentunya menjadi tugas dan tanggung jawab bersama, karena keberhasilan yang ingin dicapai adalah keberhasilan team work, bukan keberhasilan perorangan.

“Oleh karena itu, melalui acara tradisi Laporan Korps Kenaikan Pangkat ini saya berharap, agar meningkatnya kinerja organisasi Kodam XII/Tpr secara profesional, penataan prajurit luar formasi (LF), pembinaan karier dengan Sistem Merit dalam rangka mendukung reformasi birokrasi di jajaran TNI AD,” tegas Pangdam.

BACA JUGA  Jaga Silaturahmi dan Berbagi Informasi, Kowad Kodam XII/Tpr Laksanakan "Korps Call"

Pangdam juga menekankan kepada para perwira, berkaitan dengan pandemi Covid-19, agar tidak bosan untuk mengingatkan dan menegaskan kembali kepada anggota beserta keluarga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Sehingga diharapkan satuan jajaran dapat terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Saya ucapkan selamat kepada para perwira yang mendapat kehormatan naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, dengan harapan dapat membawa manfaat yang besar bagi para perwira, keluarga dan organisasi atau satuan dimana para perwira berada dan bertugas,” ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

38 Orang

Sementara, Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Hendra Purwanasari, menyebutkan, perwira Kodam XII/Tpr yang mendapatkan kepercayaan untuk dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi pada periode 1 April 2021 berjumlah 38 orang. Dengan rincian dari Mayor ke Letkol 14 orang, dari Kapten ke Mayor 21 orang dan dari Letda ke Lettu 3 orang.

Sedangkan untuk golongan Bintara berjumlah 765 orang. Dengan rincian dari Kopka ke Serda (Kehormatan), 6 orang, Serda ke Sertu 357 orang, dari Sertu ke Serka 258 orang, dari Serka ke Serma 83 orang, dari Serma ke Pelda 5 orang dan dari Pelda ke Peltu 56 orang.

BACA JUGA  Pangdam XII/TPR Pimpin Sertijab Danbrigif 19/KH dan Penyerahan Jabatan Golongan IV

“Kemudian untuk golongan Tamtama, berjumlah 120 orang. Dengan rincian dari Prada ke Pratu 4 orang, Pratu ke Praka 26 orang, Praka ke Kopda 55 orang, Kopda ke Koptu 25 orang dan Koptu ke Kopka 10 orang,” pungkasnya. (L4Y)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan