Hemmen

Pelabuhan Ciwandan Pelindo Banten Siap Layani Arus Mudik Lebaran 2024

Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono berkunjung ke Pelabuhan Ciwandan, Provinsi Banten, Sabtu (6/4/2024) untuk mengecek kesiapan pelayanan arus mudik dan angkutan Lebaran Tahun 2024 dari Jawa ke Sumatera, yaitu tujuan Pelabuhan Bakauheni, Lampung. FOTO: Humas Pelindo

BANTEN, SUDUTPANDANG.ID – Pelabuhan Ciwandan milik PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten berkomiten dan siap melayani arus mudik dan angkutan Lebaran Tahun 2024 dari Jawa ke Sumatera, yaitu tujuan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Menurut keterangan yang diterima di Serang, Provinsi Banten, Ahad (7/4/2024), untuk mengecek kesiapan tersebut, pada Sabtu (6/4), Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono berkunjung ke Pelabuhan Ciwandan.

Kemenkumham Bali

Ia didampingi oleh Direktur PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Pengelola PT Pelindo (Persero) Putut Sri Muljanto, Group Head Pelayanan Kapal PT Pelindo (Persero) Arief Hermawan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten, Executive Director 2 PT Pelindo (Persero) Regional 2 Drajat Sulistyo, General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten Yohanes Wibowo Situmeang meninjau situasi dan kondisi Pelabuhan Ciwandan.

Disebutkan bahwa untuk “update” pada 3 April hingga 6 April 2024 pukul 16.00 WIB Pelabuhan Ciwandan telah melayani 69 keberangkatan kapal untuk lintasan Ciwandan-Bakauheni dengan jumlah kendaraan roda dua sebanyak 20.964 unit dan truk sebanyak 2.857 unit.

PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten menyediakan fasilitas Dermaga sesuai permintaan H-7 hingga H-1 yaitu Dermaga 05A, Dermaga 03 dan Dermaga 07 kemudian menyiapkan area lapangan parkir (buffer area) + Back up area untuk motor seluas 7.000 M2 dengan kapasitas 2.000 unit dan area lapangan (buffer area) truck seluas 25.000 M2 dengan kapasitas 200 unit yang digunakan sementara dalam mendukung angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 H.

Selain itu, Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, petugas pandu 2 orang dari Pelindo yang bertugas secara bergantian dan 2 unit Kapal Tunda dari Pelindo serta didukung juga Kapal Tunda dari BUP Lain yaitu PT Krakatau Bandar Samudera 1 unit Kapal Tunda dan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri 1 unit Kapal Tunda serta fasilitas pendukung yang disiapkan dari Pihak ASDP seperti Posko tenda bersama untuk aparat kemananan, toilet umum, ruang P3K, tenda UMKM, customer service, ruang tunggu penumpang, ruang bermain anak, ruang menyusui, musholla dan pos kesehatan yang disupport dari instalasi air dan listrik dari PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten.

BACA JUGA  Terbaik! IPC TPK Kembali Raih OP Awards 2022

Kegiatan angkutan Llebaran di Pelabuhan Ciwandan ini juga didukung dari Instansi terkait penyediaan petugas Kesehatan dan 1 (satu) unit ambulance dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten, penyediaan dari petugas KSOP Kelas I Banten, penyediaan petugas keamanan dari Kepolisian Setempat yaitu KSKP, Polres Cilegon dan Polda Banden serta penyediaan dari Petugas BPTD Wilayah VIII Banten.

PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten juga menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, serta fasilitas pendukung yang disiapkan dari Pihak ASDP seperti Posko tenda bersama untuk aparat kemananan, toilet umum, tenda UMKM, customer service, ruang tunggu penumpang, ruang bermain anak, ruang menyusui dan pos kesehatan yang disupport dari instalasi air dan listrik dari PT Pelindo Regional 2 Banten.

Kondisi keamanan didalam Pelabuhan Ciwandan masih relatif aman serta teratur dan cuaca cerah.

Tidak terjadi antrean di dalam Pelabuhan Ciwandan untuk kendaraan truck yang pada masih didominasi oleh truck logistik dan sudah diantisipasi kantong parkir di lapangan TPS 01 seluas 7.000 M2 serta untuk motor masih relatif lancar.

BACA JUGA  Pj. Wali Kota Bekasi Monitoring Pos Pelayanan Lebaran 2024

Berbagi Ramadhan

Dalam mendukung Mudik Tahun 2024 ini Pelindo melaksanakan Program Pelindo Berbagi Ramadhan di Pelindo Regional 2 Banten dari Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) berupa bantuan dengan rincian sebagai berikut membagikan sebanyak 6.000 paket bingkisan telah disiapkan untuk dibagikan selama periode arus mudik, baik di siang hari maupun malam hari.

Untuk paket yang dibagikan, berisi susu kotak dan berbagai makanan ringan yang isinya ada susu, sari gandum, bolu oreo, ciki citato dan taro.

Langkah ini diharapkan dapat meringankan beban para orang tua yang bepergian jauh yang membawa anak-anak mudik dengan kendaraan roda dua ke kampung halaman.

Selain itu Pelindo juga Berbagi Takjil berupa makanan dan minuman untuk berbuka puasa kepada masyarakat di wilayah kerja perusahaan PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten dan pemudik motor yang akan naik ke kapal dengan jumlah sebanyak 1.250 paket yang dibagikan setiap hari menjelang buka puasa.

Selain meninjau lapangan area parkir motor dalam kesempatan yang sama Dirut PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono bersama Direktur PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten membagikan takjil gratis kepada para pemudik motor yang akan naik ke kapal kemudian dilanjutkan meninjau lokasi area parkir truk kemudian dilanjutkan ke Dermaga 07, 03 dan 05.

Arif Suhartono mengatakan Pelabuhan Ciwandan ini adalah pelabuhan kargo, tapi selama musim mudik Lebaran ini Pelindo (Persero) membantu mem-“backup” Pelabuhan Merak sebagai pelabuhan penyeberangan untuk kendaraan dan untuk saat ini, untuk penyeberangan kendaran jenis truk sudah dihentikan dari Pelabuhan Ciwandan, karena untuk memastikan arus kendaraan roda 2 berjalan lancar.

BACA JUGA  Bupati Serdang Bedagai Sambut Ketua Umum SMSI Pusat

Ia menambahkan sebagaimana diketahui bahwa untuk saat ini, durasi tunggu kendaraan roda 2 sejak kendaraan itu datang, mulai dari parkir di tempat tunggu sampai dengan jalan menuju kapal hanya memakan waktu kurang dari 15 menit, jadi sangat lancar dan ini adalah dukungan dari semua pihak.

“Tentunya juga dari masyarakat, karena tanpa dukungan masyarakat juga akan sangat sulit, seperti contohnya untuk para pemudik yang sudah membeli tiket pada hari ini, pastikan untuk datang sesuai dengan tanggalnya, guna mempercepat dari teman-teman ASDP melakukan pengaturan,” katanya.

Perlu diketahui bersama, kata dia, terciptanya kelancaran arus mudik ini, tentunya tidak lepas dari koordinasi dengan berbagai pihak, baik itu dengan Kementerian Perhubungan, Polri maupun pihak terkait lainnya guna memastikan bobot antara Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan bisa seimbang.

“Kami dari Pelindo selaku penyedia jasa pelabuhan akan selalu berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik,” kata Arif Suhartono. (PR/02)