Pembangunan Terminal Petikemas Belawan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Menhub Budi Karya
Menghub Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Belawan Medan/do.BKIP Kemenhub

Medan, SudutPandang.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pembangunan Terminal Petikemas Belawan Fase II mampu mendorong dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi dan perdagangan nasional, khususnya daerah Sumatera Utara dan sekitarnya.

“Selain itu dapat mendorong laju pertumbuhan lalu lintas petikemas di pelabuhan Belawan,” ujar Budi Karya, saat mengunjungi Pelabuhan Belawan Medan, Sumut, Sabtu (4/1/2020).

IMG-20220125-WA0002

Adanya Terminal Petikemas Fase I dan II, kata Budi Karya, Pelabuhan Belawan akan mendapat tambahan dermaga sepanjang total 700 m dengan total kapasitas sebesar 800.000-900.000 teus/tahun.

“Kedalaman kolam 14 m LWS yang mampu melayani kapal post panamax atau kapal dengan bobot 50.000 DWT. Dengan demikian, total kapasitas Terminal Peti Kemas Belawan Fase I dan II ditambah terminal peti kemas eksisting saat ini, nantinya akan mencapai dua juta teus/tahun,” paparnya.

Dalam keterang pers yang diterima SudutPandang.id, Minggu (5/1/2020), kunjungan Menhub Budi Karya ke Pelabuhan Belawan ini, untuk melihat kesiapan Terminal Petikemas Belawan Fase II. Pengoperasian dan progress TPK Fase I yang rencananya akan berkerjasam dengan PT. Pelindo I.(bmg)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.