Hemmen
Berita  

Pemkot Jakbar Sebar Ratusan Titik Baca Tingkatkan Literasi Warga

Dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyebar 391 titik baca di daerah itu pada tahun ini meningkatkan literasi warga.

“Ada 391 titik dan lokasinya kita akan koordinasi dengan Wali Kota. Selanjutnya Pak Wali kan instruksikan camat dan lurah untuk tentukan posisi tepatnya,” kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat, Ahmad Jazuri, saat ditemui di Jakarta Barat, Senin (10/4/2023).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Penyebaran titik baca tersebut untuk memudahkan warga setempat dalam mengakses buku sehingga minat baca tinggi.

Maka dari itu, katanya, pihaknya akan menempatkan titik baca di wilayah yang mudah dijangkau publik seperti puskesmas, taman kota dan fasilitas umum lainnya.

BACA JUGA  Musim Kemarau, Ratusan Monyet Turun ke Pemukiman Cikakak

Titik yang disebar berupa kode batang (barcode) sehingga bisa diakses melalui telepon pintar warga.

“Nantinya setelah mengakses ‘barcode’ tersebut, warga bisa menikmati 200 buku koleksi Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat,” katanya.

Ia merinci, beragam buku disajikan dari mulai buku cerita untuk anak-anak hingga tata cara memasak untuk para ibu rumah tangga.

Menurut Jazuri, sejauh ini, tingkat literasi warga Jakarta Barat terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jumlah penduduknya.

Hal tersebut disebabkan oleh sulitnya akses mendapatkan buku dan fasilitas perpustakaan yang dirasa kurang menarik minat warga.

Ia menambahkan, dengan titik baca ini, diharapkan literasi warga Jakarta Barat meningkat sehingga sumber daya manusia di daerah itu menjadi berkualitas.(03/Ant)

Barron Ichsan Perwakum

Tinggalkan Balasan