Hemmen

Penjelasan Kemenag soal Awal Puasa Ramadhan

Awa Puasa Ramadhan
Ilustrasi

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadhan 1445 Hijriah.

Dilansir dari laman resmi Kemenag, sidang isbat akan berlangsung di Auditorium Kemenag Jakarta pada Minggu (10/3/2024).

Kemenkumham Bali

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin menerangkan, sidang isbat penetapan awal Ramadhan tahun ini akan digelar secara daring dan luring.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Kamaruddin dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 2024 Masehi akan dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama, akan dilakukan pemaparan posisi hilal awal Ramadan berdasarkan hasil hisab  atau perhitungan astronomi.

BACA JUGA  Wapres: Pemekaran Provinsi di Papua Untuk Dekatkan Pelayanan Masyarakat

Pemaparan tersebut dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di channel Youtube Bimas Islam.

Selanjutnya, tahap kedua akan digelar secara tertutup setelah shalat maghrib, dengan agenda sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 H.(01)