Hemmen

PLN Raih 2 Penghargaan Internasional Lewat Transformasi dan Inovasi Digital

PLN
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) pada Asian Experience Awards 2023 (foto:dok humas PLN)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –PT PLN (Persero) menjadi perusahaan energi yang mewakili Indonesia dari 16 negara pada Asian Experience Awards 2023 sekaligus memboyong dia penghargaan. Di dalam ajang yang berlangsung di Singapura pada 5 Oktober 2023.

Penghargaan yang dimaksud, yaitu Indonesia User Experience of the Year untuk aplikasi PLN Mobile. Dan, Indonesia Digital Experience of the Year untuk transformasi digital di bisnis energi.

Asian Experience Awards 2023 diinisiasi media The Asian Business Review (Charlton Media Group) yang berbasis di Singapura. The Asian Business Review menilai, PLN sebagai badan usaha negara Indonesia memiliki inovasi-inovasi terbaru di bidang energi, khususnya ketenagalistrikan.

Penghargaan bergengsi yang diikuti 16 negara dan 60 perusahaan ternama di Asia itu diberikan kepada PLN sebagai pengakuan internasional atas pencapaian perusahaan. PLN menjadi satu-satunya perusahaan di bidang energi yang mendapatkan penghargaan.

BACA JUGA  Umrah 1443 H, Pemerintah dan Asosiasi Sepakat Prioritaskan Penanganan Covid-19
Foto : Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, capaian ini menjadi bukti nyata inovasi dan transformasi PLN yang terus berorientasi pada customer focused.

“Dalam tiga tahun terakhir PLN terus menjalankan transformasi berbasis digital secara end-to-end mulai dari energi primer, pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan hingga pelayanan pelanggan. Transformasi digital ini mampu meningkatkan efisiensi perusahaan,”ujar Darmawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/10/2023).

Darmawan menjelaskan digitalisasi yang dilakukan perseroan dan sub holdingnya ini juga membuat seluruh proses bisnis lebih sederhana, cepat, terintegrasi dan dapat dimonitor serta dikontrol secara real-time.

“PLN terus bergerak maju dan berkembang mengikuti perubahan zaman. Maka dari itu transformasi berbasis digital yang kita jalankan harus semakin masif, mengubah sistem pelayanan yang sebelumnya lambat, tidak responsif menjadi cepat dan sangat memuaskan,” ujar Darmawan.

BACA JUGA  Alor NTT Diguncang Gempa

Salah satu hasil dari transformasi ini adalah keberadaan aplikasi New PLN Mobile. Keberhasilan kita mengubah dan mengelola aplikasi mobile nya ini mendapatkan pengakuan di tingkat mancanegara.

“PLN Mobile yang baru ini mampu menjawab kebutuhan pelanggan sebagai aplikasi one-stop solution. Beberapa layanan yang ditawarkan aplikasi ini mulai dari pasang baru, tambah daya, pembayaran listrik, pembelian token, pengaduan, EV digital services, hingga marketplace. Hasilnya saat ini PLN Mobile telah diunduh oleh hampir 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,9 dari skala 5,” tambahnya.

Terakhir Darmawan berharap, penghargaan ini tidak serta merta membuat seluruh jajaran berpuas diri, kendati begitu justru akan terus memacu semangat untuk meningkatkan kualitas dalam melayani pelanggan.

“Alhamdulillah, capaian ini menambah perolehan penghargaan di dalam dan luar negeri yang sebelumnya juga kita dapatkan. Prestasi ini saya berikan kepada seluruh bagian dari tim kami yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” imbuh Darmawan.

BACA JUGA  "Light Up The Dream" PLN Bantu Nyalakan Listrik 50 Rumah di Sumbar

Selain bidang energi, pada acara ini juga diberikan penghargaan kepada perusahaan yang bergerak di bidang lain seperti oil and gas yang dimenangkan Petronas dari Malaysia, telekomunikasi yang dimenangkan oleh China Mobile International dari Singapura dan perbankan oleh Khrungthai Bank PCL dari Thailand.(PR/04)

Barron Ichsan Perwakum