Hemmen

Survei Point Indonesia: Gerindra Geser Dominasi PDIP, Raih 22,3%

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Lembaga survei Point Indonesia mengungkap dalam survei terbarunya bahwa Partai Gerindra berhasil menggeser PDIP yang dalam 10 tahun terakhir mendominasi sebagai partai yang paling dipilih.

CEO Point Indonesia, Karel H Susetyo menjelaskan, perolehan suara PDIP cenderung menyusut sedangkan partai politik (parpol) lainnya cenderung menyerupai hasil suara Pemilu 2019.

Kemenkumham Bali

“Gerindra mendapatkan 22,3%; PDIP 14,9%; Golkar 11,3%; Nasdem 8,1%; dan Demokrat 7,8%,” kata Karel.

Dari hasil survey ini, lanjut Karel, beberapa partai politik tidak lolos ambang batas parlemen termasuk PPP. Sementara itu, partai-partai seperti PBB, Hanura, PSI, Perindo, dan Garuda yang telah beberapa kali dan pernah menjadi peserta pemilu masih belum berhasil memenuhi ambang batas parlemen.

BACA JUGA  Bawaslu: Laporan Dugaan Pelanggaran Anies Tak Penuhi Syarat Materiil

Di sisi lain, partai-partai yang baru menjadi peserta Pemilu 2024 ini seperti Gelora, Ummat, Buruh dan PKN pun dinilai sulit untuk menembus ambang batas parlemen.

“Peluang masih terbuka mengingat masih cukup tingginya swing voters dan undecided voters. Parpol yang paling berpeluang untuk memenuhi ambang batas 4% diantaranya PPP, PSI, Perindo, PBB dan Gelora,” unkap Karel.

Point Indonesia mengambil sampling pada 1.500 responden dengan margin of error +- 2,53%.

Sedangkan teknik pengumpulan data melalui tele survey random digit dialing pada periode survei 26-28 Januari 2024. (05)

Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H DPP Mahasi