Tenggelam di Makassar, Seluruh ABK KM Mitra Sejahtera Berhasil Diselamatkan

ABK KM Mitra Sejahtera saat dievakuasi/Foto: Ist

Jakarta, Sudut Pandang-Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KM Mitra Sejahtera IX yang mengalami kecelakaan dan tenggelam di sekitar perairan Makassar pada Sabtu (23/11/2019) pagi, berhasil diselamatkan. Saat ini, mereka telah dibawa ke Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Makasar Sulawesi Selatan.

“Seluruh ABK KM Mitra Sejahtera IX berhasil diselamat oleh 3 kapal yang sedang berlayar di wilayah perairan Makassar, masing-masing KM Sinar Harapan 78 menyelamatkan 7 orang, KM Mentari Nusantara menyelamatkan 3 orang dan KM Mutiara Indah sebanyak 5 orang,” kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad, dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

IMG-20220125-WA0002

Menurut Ahmad, seluruh ABK telah dibawa oleh KM Sinar Harapan dan dijemput oleh Kapal Patroli milik KSU Makassar, yakni KMP 350.

“KM Mitra Sejahtera IX merupakan kapal jenis kapal container milik PT. Samudera Raya Indo Line yang berangkat dari Pelabuhan Surabaya menuju Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara dengan diawaki oleh ABK sebanyak 15 orang dan membawa barang sebanyak 147 container,” terangnya.

“Di tengah pelayarannya kapal ini mengalami kecelakaan tenggelam di sekitar perairan Makassar pada Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 WIT,” sambung Ahmad.

Saat itu, kata Ahmad, KM Sinar Harapan 78 menerima panggilan radio channel 16 dari KM Mitra Sejahtera IX yang mengalami kebocoran dan posisi kapal dalam keadaan miring.

“KM Sinar Harapan 78 langsung bergerak mendekat ke lokasi kejadian, dan menemukan beberapa muatan container sudah mulai berjatuhan. Begitu juga dengan KM. Mentari Nusantara dan KM Mutiara Indah yang sedang berlayar di sekitar wilayah tersebut segera membantu melakukan pertolongan khususnya kepada para ABK yang sudah mengapung dengan menggunakan life jacket,” paparnya.

Akibat kejadian ini, pihaknya menghimbau kepada seluruh kapal yang saat ini sedang berlayar melalui perairan Makassar untuk berhati-hati.

“Karena adanya beberapa muatan container yang masih mengapung di sekitar perairan akibat tenggelamnya KM Mitra Sejahtera IX,” ujar Ahmad mengingatkan.Red/Bbg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.