Ternyata Ini Kunci Sukses Jabar Jadi Juara PON Papua

  • Bagikan
Foto:dok.Koni Jabar

BANDUNG, SUDUTPANDANG.ID – Provinsi Jawa Barat (Jabar) sukses menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Jabar meraih 133 emas, 105 perak dan 118 perunggu.

Foto:dok.KONI Jabar

Atas torehan prestasi tersebut Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku sangat bahagia karena provinsi yang dipimpinnya sukses mempertahankan gelar juara di Tanah Papua.

“Yang saya bahagia adalah kita menang tidak di tanah sendiri, tapi sekarang di tanah orang yaitu Papua. Beli tomat ke Ujung Pandang, Jawa Barat bukan jago kandang, itu pantunnya,” ujarnya sembari berpantun saat acara Live Instagram bersama media pada Senin (11/10/2021).

Menariknya, Jabar juga didapuk sebagai juara bertahan PON, mengingat pada tahun 2016 lalu, provinsi ini juga menjadi juara umum saat PON yang diadakan di Bandung.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, prestasi ini bukan hal yang instan. Kesuksesan Jabar menjadi juara lahir batin ini juga berkat kerja keras para atlet dan ofisial pelatih.

Selain itu, jelasnya, kunci sukses lainnya terletak pada pembinaan yang dilakukan oleh KONI dan Pemda baik provinsi maupun kabupaten/kota.

“Jabar telah memiliki sistem pembinaan olahraga mulai dari usia dini seperti digelarnya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda),” terangnya.

BACA JUGA  Sejarah Baru, Indonesia Rebut Medali Emas Duatlon

“Tingkatan kejuaraan tersebut dimulai dari tingkat kabupaten/kota sampai provinsi.
Tujuannya adalah untuk mencari bakat-bakat terbaik di bidang olahraga sejak usia dini,” sambung Kang Emil.

Event olahraga dimulai dari Popda di level-level anak masih SD, dan SMP.

“Itu kita sudah tetapkan yang terbaik jadi PON versi anak-anak remaja,” jelasnya.

Pemprov Jabar pun siap memberikan kadeudeuh atau bonus kepada para atlet yang sukses meraih prestasi di PON Papua.(her)

BACA JUGA  Peraih Emas PON Papua Ditawari Jadi Anggota Polri
  • Bagikan

Comment