Tri Adhianto Ajarkan Siswa SMKN 9 Tentang Edukasi Wawasan Kebangsaan

Sumber foto : Humas Pemkot Bekasi

KOTA BEKASI, SUDUTPANDANG.ID – Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto kembali lakukan kegiatan yang sudah dijalankan sejak 2022,dengan mengunjungi berbagai SMP/SMA/SMK yang ada di Kota Bekasi, Rabu (18/1)

Kali ini Plt Wali Kota Bekasi dan ditemani Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Uu Saiful Mikdar mengunjungi SMK Negeri 9 Kota Bekasi, dalam kunjungan tersebut, menyampaikan sosialisasi dan edukasi mengenai Wawasan Kebangsaan agar dapat menumbuhkan dan meningkatkan sikap nasionalisme para siswa/siswi.

IMG-20220125-WA0002

Adapun materi utama Wawasan Kebangsaan yang disampaikan Tri Adhianto adalah terkait 4 Pilar Kebangsaan yang harus dipahami dan diamalkan oleh para siswa/siswi.

“Saya berpesan kepada adik-adik semua sebagai generasi penerus bangsa, haruslah memiliki sikap cinta dan bangga sebagai Warga Negara Indonesia, dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang ada dalam 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,”ucap Tri di hadapan siswa dan siswi SMKN 9.

BACA JUGA  Perayaan Natal Berjalan Tertib Plt Wali Kota Bekasi: Tumbuhkan Semangat Toleransi

Ia juga menjelaskan 4 Pilar Kebangsaan harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan setiap masyarakat, agar mampu berkontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara dilandasi cinta tanah air.

“Pancasila adalah dasar Negara yang setiap butir pada sila-silanya musti diterapkan. UUD 1945 memiliki kedudukan tertinggi sebagai landasan serta sumber tata tertib hukum di Indonesia. Kedua Pilar tersebut merupakan acuan adanya NKRI yang harus kita semua pertahankan kesatuannya di dalam suatu Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu, itulah Indonesia,”ujar Tri.

“Caranya bisa dimulai dari lingkungan dekat kalian terlebih dahulu, dengan tidak membeda-bedakan teman apapun suku, ras, atau agamanya. Lalu bisa juga dengan menerapkan cinta dengan kebudayaan tradisional Indonesia, salah satunya bisa dengan bangga memakai Kebaya Encim, baju adat Betawi, dan tentunya diiringi juga dengan bersikap santun, rajin belajar, dan rajin beribadah agar lebih mampu menghadapi tantangan di masa depan,”tambah Tri.

BACA JUGA  Fasilitas Baru TPST Bantargebang Hasil Kolaborasi Jakarta Bekasi

Acara sosialisasi ditutup dengan Tri Adhianto menghampiri para siswa/siswi serta para guru SMKN 9 untuk bercengkrama dan berfoto bersama.(PR/04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *