Hemmen

Waspada Penyakit yang Muncul Saat Musim Hujan

Penyakit
Foto : Ilustrasi musim hujan

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Musim penghujan sudah didepan mata, terdapat beberapa langkah yang perlu dipersiapkan dan dilakukan oleh Masyarakat dalam menghadapi potensi bencana selama musim penghujan, terlebih penyakit yang sering datang.

Bahkan banyak orang yang tidak menyadari munculnya penyakit saat musim hujan disebabkan oleh pertumbuhan virus dan bakteri yang berkembang dengan cepat.

Selain itu, udara lembab saat hujan juga menyebabkan terjadinya penyebaran virus dan bakteri melalui udara. Karena itu, banyak orang mudah sakit saat musim hujan karena infeksi.

Penyakit yang paling umum berhubungan dengan sistem pernapasan dan penyakit yang ditularkan melalui air serta makanan tidak dapat diabaikan. Dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (7/12/2023), berikut sejumlah penyakit yang kerap muncul selama musim hujan

BACA JUGA  Kecanduan Judi Online Bisa Picu Gangguan Mental

1. Influenza

Udara yang dingin bisa memicu berbagai penyakit seperti flu. Meski sering dianggap sepele, penyakit ini juga dapat menghambat aktivitas dan mudah menularkan pada orang sekitar.

Beberapa gejala yang umumnya ditimbulkan yaitu rasa tidak enak badan, demam, pegal linu, lemas, bersin-bersin dan rasa nyeri pada otot-otot dan sendi.

Beberapa cara untuk mencegahnya bisa dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Penting juga untuk mencuci tangan serta menggunakan masker..

2. Penyakit Kulit

Sering kehujanan tapi tidak langsung membersihkan diri? Hati-hati hal ini dapat menimbulkan penyakit kulit seperti kutu air, kadas atau kurap, bahkan jamur pada kuku.

Berbagai penyakit tersebut dapat terjadi karena suhu yang lembab dan kuman yang terbawa air. Bakteri dan kuman dapat berkembang biak sampai akhirnya menyebabkan kulit terasa sangat gatal bahkan bisa terluka.

BACA JUGA  Rupiah Melemah di Tengah Ekspektasi Perlambatan Kenaikan Bunga Fed

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya yaitu dengan segera membersihkan diri setelah terkena hujan. Selain itu, memakai pakaian bersih, dan hindari berbagi memakai barang pribadi dengan orang lain

3. Demam Berdarah

Musim hujan kerap kali memunculkan genangan-genangan air yang dapat menjadi tempat untuk nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Gigitan nyamuk tersebut dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Biasanya gejala yang muncul seperti demam tinggi nyeri otot, sakit kepala, sakit perut, mual, tubuh menjadi sangat lelah, dan ruam kulit. Tentunya hal ini perlu diwaspadai

4. Diare

Diare disebabkan oleh berbagai bakteri seperti e coli, salmonella, shigella, dan lainnya. Bakteri tersebut kemungkinan terdapat pada makanan yang sudah terkontaminasi.

BACA JUGA  Tak Terima Ditegur saat Merokok, Pria di Bekasi Bacok Kakak Ipar Pacar Hingga Tewas

Penyakit ini biasanya ditandai dengan buang air besar yang encer lebih dari tiga kali dalam sehari. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan dengan sabun di air mengalir serta menjaga kualitas kebersihan makanan yang akan dikonsumsi.(04)

Kesbangpol Banten