oleh

Wih, Ini Dia Mobil Dinas Jokowi yang Baru

Jakarta,SudutPandang.id-Mobil dinas yang akan ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mercedes-Benz S600 Guard (V222) buatan Jerman, ternyata sudah berada di Indonesia. Kendaraan tersebut akan digunakan pada tahun ini.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Piping Supriatna. Mobil anti peluru yang lebih gres ini akan menggantikan kendaraan lama yang merupakan ‘warisan’ dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pihak Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) yang merupakan perusahaan otomotif pemenang tender, menyediakan mobil khusus buat kepala negara dengan spesifikasi tertentu.

MBDI menyebut mobil Presiden Jokowi sudah diserahkan ke pihak Kemensetneg. Pemesanan mobil itu bukan hanya untuk Jokowi saja, tetapi juga Waki Presiden Ma’ruf Amin.

Kendaraan Mercedes-Benz jenis S600 Guard (V222) diketahui memiliki kekuatan tahan serangan peluru, bom, dan granat. Mobil khusus ini juga dilengkapi perlengkapan keselamatan, alat komunikasi, dan perlengkapan lainnya.

Sebelumnya, Jokowi mengunakan mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard produksi 2008, yang digunakakan sejak pertama menjabat sebagai presiden pada periode pertama (2014-2019).

Mobil dinas itu beberapa kali mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke daerah. Dengan pertimbangan teknis dan biaya perawatan yang tinggi, Kemensetneg menilai mobil dinas presiden perlu diganti dengan yang baru.
Kemensetneg kemudian membuka lelang pengadaan mobil dinas presiden dan menteri melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang kemudian dimenangkan Mercedes-Benz Indonesia dan Astra International untuk mobil dinas menteri.(gus)

BACA JUGA  Presiden Jokowi Kunjungi Labuhan Bajo

Komentar

News Feed