Pj Bupati Pasuruan Apresiasi Inovasi Layanan KTP-el Drive Thru

KTP-el
pelayanan KTP-el Drive Thru pasuruan (Foto:Diskominfo Pasuruan)

PASURUAN, SUDUTPANDANG.ID –Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mengapresiasi pelayanan KTP-el Drive Thru yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan.

Sekaligus menghimbau masyarakat agar benar-benar memanfaatkannya untuk mencetak kartu identitas resmi sebagai warga negara yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut.

Kemenkumham Bali

Adapun posisi kendaraan layanan berada di samping Kantor Dispendukcapil. Di dalamnya terdapat berapa petugas, siap melayani seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan yang ingin mencetak KTP-el tanpa harus antri panjang. Tentunya, pelayanan dikhususkan bagi pemohon yang mengajukan pencetakan KTP-el dan telah melalui proses perekaman.

“Itulah pentingnya inovasi. Kepala Dispendukcapil sudah mengambil langkah yang cukup maju yaitu layanan KTP Drive Thru. Prosesnya cepat, tidak sampai 10 menit sudah selesai. Tinggal nunggu sebentar. Sangat mudah dan simpel,” ujarnya.

Menurut Pj. Bupati Andriyanto, inovasi layanan kependudukan yang mulai dioperasikan sejak 3 Juni 2024 tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi Sumber Daya Manusia (SDM).

BACA JUGA  Ujian Singo Edan, Atasi Sape Kerrab dan Ancaman Kudeta

Masyarakat dapat mencetak ulang KTP elektronik yang hilang, rusak, salah data atau berganti status, tanpa harus mengantri di Kantor Dispendukcapil.

“Ini bagian dari peningkatan pelayanan publik Pemkab Pasuruan kepada masyarakat agar pelayanan lebih cepat, murah dan lebih terjangkau. Mudah-mudahan banyak inovasi lagi. Mudah-mudahan yang sudah pengalaman mengurusnya bisa diceritakan ke masyarakat lainnya. Disamping itu juga tentunya Dispendukcapil harus ada sosialisasi dengan adanya Drive Thru pembuatan KTP,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Pj. Bupati Andriyanto tak lupa menitipkan pesannya kepada Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati dan jajarannya agar terus mengoptimalkan pelayanan berbasis riset.

Sekaligus menggencarkan sosialisasi tentang kehadiran layanan KTP-el Drive Thru kepada masyarakat. Sehingga ke depannya akan semakin banyak yang memanfaatkannya.

BACA JUGA  TP-PKK Kabupaten Pasuruan Gelar Seminar Wanita Sehat Bebas Kanker

“Bahwa inovasi itu harus berbasis riset. Terlebih dokumen kependudukan itu sangat penting sekali. Banyak orang yang masih mengira kalau mengurus KTP itu lama, harus bayar. Padahal itu kan gratis. Jadi KTP Drive Thru harus ada manfaatnya untuk masyarakat,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan yang diterima oleh Tim Humas Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kabupaten Pasuruan layanan KTP-el Drive Thru banyak diminati oleh masyarakat.

Dalam waktu kurang dari dua bulan sejak dioperasikan, total sebanyak 1.237 orang yang mengaksesnya. Adapun rinciannya, jumlah pemohon di bulan Juni sebanyak 742 orang. Sementara, hingga 18 Juli 2024 terdapat 495 orang.

Diwartakan sebelumnya, Kadispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati menyebutkan, untuk bisa mendapatkan layanan KTP-el Drive Thru, pemohon cukup menunjukkan Kartu Keluarga (KK) ke operator. Selanjutnya dilakukan pengecekan notifikasi Print Ready Record (PRR) dari jaringan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Terpusat Kemendagri untuk kemudian dicetak dalam waktu yang begitu singkat.

BACA JUGA  Jika Terbukti Rujuk, Ibunda Siap Perang dengan Indra Bekti

Lebih lanjut, Tecto menambahkan, bagi pemohon yang akan mengurus KTP-el-nya yang hilang, dipersilahkan membawa KK dan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian.

“Sama juga untuk KTP-el yang rusak tinggal bawa KK dan menunjukkan KTP-el yang rusak. Paling lama lima menit sudah dicetak dan KTP baru ada di tangan,” katanya saat itu.(ACZ/04)