Plt Bupati Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan ke 13.249 Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan
Plt. Bupati H.Subandi menyerahkan secara simbolis santunan jaminan kematian BPJS ketenagakerjaan (Foto:Diskominfo Asahan)

SIDOARJO, SUDUTPANDANG.ID –Plt. Bupati Sidoarjo H.Subandi bersama Dinas Ketenagakerjaan Sidoarjo, Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo beserta BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo resmi melaunching dan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi pekerja petani, nelayan, guru PAUD dan para pekerja rentan di Ballroom Hotel Luminor Sidoarjo, Selasa (30/7/2024).

Sedikitnya 13.249 pekerja rentan akan menerima manfaat dari program sosial BPJS Ketenagakerjaan dengan rincian 8.334 petani, 330 nelayan, 3.137 guru PAUD dan 948 pekerja rentan di wilayah Kabupaten Sidoarjo akan menerima kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang bersumber dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dengan prioritas pekerja rentan Kabupaten Sidoarjo tahun 2024 selama 6 bulan terhitung bulan Juli hingga Desember 2024.

Kemenkumham Bali

Dalam sambutannya, Plt. Bupati H.Subandi menyerahkan secara simbolis santunan jaminan kematian BPJS ketenagakerjaan kepada 4 warganya.

BACA JUGA  Plt Bupati dan Dandim0816 Ajak Warga Bangun Sidoarjo Lebih Baik

Sekaligus mengungkapkan program ini adalah bentuk kepedulian Pemkab Sidoarjo terhadap kesejahteraan pekerja di Sidoarjo. Selain itu juga, ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pekerja yang telah berkontribusi kepada Kabupaten Sidoarjo.

“Program ini menunjukan kepedulian untuk kesejahteraan para pekerja karena mereka adalah pilar penting dalam pembangunan daerah. Dengan bantuan program ini diharapkan para pekerja dapat menjalankan tugasnya dengan lebih tenang dan merasa dihargai. Program ini juga bentuk apresiasi atas jeri payah mereka dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ujar H.Subandi dalam keterangan tertulisnya.

Perlindungan sosial untuk para pekerja merupakan bentuk investasi jangka panjang dengan memberikan perlindungan yang memadai bagi pekerja. Program BPJS Ketenagakerjaan ini kedepannya diharapkan dapat terus berlanjut dan dapat menjangkau lebih banyak pekerja lainnya di Sidoarjo.

BACA JUGA  Terjual 56 Persen Tiket Kereta Jarak Jauh Angkutan Lebaran

“Program perlindungan sosial ini bukan hanya bentuk asuransi saja tapi juga investasi jangka panjang dalam memberikan perlindungan kerja. Diharapkan hasil dari pekerja kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan produktivitas daya saing daerah,” jelas Plt. Bupati Sidoarjo.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sidoarjo, Ainun Amalia menekankan Program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan bentuk perlindungan kepada para pekerja di Sidoarjo. Anggaran didapatkan dari DBHCHT Kabupaten Sidoarjo tahun 2024.

“Program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini bentuk proteksi kepada pekerja apabila terjadi kecelakaan kerja, bahkan jika ada hingga kematian. Memberikan keamanan dan kenyamanan pada penerima program dalam melakukan aktivitasnya yang murni dari dana DBHCHT dengan prioritas pekerja rentan Kabupaten Sidoarjo tahun 2024,” ungkapnya.(ACZ/04)