Media Gathering, KPU Magetan Ajak Insan Pers Bahas Pilkada

Media Gathering, KPU Magetan Ajak Insan Pers Bahas Pilkada
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan menggelar Media Gathering bersama insan pers di Mbah Joe Resort Plaosan, Rabu (31/7/2024). (Foto: DNY SP)

MAGETAN, SUDUTPANDANG.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan menggelar Media Gathering bersama insan pers di Mbah Joe Resort Plaosan, Rabu (31/7/2024).

Selain jadi ajang silaturahmi, acara ini juga dikemas penyampaian materi oleh narasumber dengan tema “Pers Kawal Pilkada Edukatif Menjernihkan Informasi”.

Kemenkumham Bali

Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur, Sundari, sekaligus narasumber menyampaikan bahwa tantangan media saat ini adalah berita hoaks yang gencar di media sosial. Apalagi, sebagian besar gen z lebih memilih medsos daripada media massa dalam mencari informasi.

“Hoaks di media sosial itu banyak banget, padahal sekarang yang tertinggi pemilih adalah gen z yang kebanyakan melihat medsos,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, polarisasi politik hingga iklan yang dikuatirkan lebih memihak bukan ke masyarakat.

BACA JUGA  Donorkan Darah, Aksi Kemanusiaan Wartawan Magetan Jelang HPN

“Berpihak boleh, tapi harus ke masyarakat,” tandasnya.

Sementara narasumber lainnya, Istikah, yang merupakan Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Magetan, mengatakan media diharapkan dapat memberitakan tahapan pemilu dari awal hingga akhir. Agar informasi seputar pemilu dapat menjangkau masyarakat luas.

“Media bisa menyampaikan informasi Pemilu agar ditangkap masyarakat seluas-luasnya,” ungkapnya.

Selain itu, mengingat peran pers sebagai edukasi dan kontrol sosial, maka media sebisa mungkin mampu menangkal informasi hoaks yang beredar di masyarakat.

Berkaca pada Pemilu Pilpres dan Pileg yang lalu, Ia mengakui semuanya berjalan sukses dan lancar berkat peran media.

“Saya ucapkan terima kasih kepada teman pers yang telah berkontribusi dalam Pilpres dan Pileg sehingga berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

BACA JUGA  Komitmen Kolonel Unang Putus Rantai Pandemi

Untuk diketahui, Pilkada serentak digelar pada 27 November 2024 mendatang, namun pendaftaran bakal calon akan berlangsung pada Agustus ini.(DNY/01)