Pasca Anies Gagal Maju Pilkada, Partai Perubahan Indonesia Kembali Mengemuka

Anies Baswedan perubahan. Partai Perubahan Indonesia
Tangkapan layar capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat menghadiri debat kelima capres Pilpres 2024 yang diselenggarakan KPU RU di JCC, Jakarta, Ahad (4/2/2024) malam. FOTO:Dok.KPU RI

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pasca Anies Baswedan gagal mengikuti Pilkada 2024, wacana pendirian Partai Perubahan Indonesia kembali mengemuka. Partai Perubahan Indonesia pun jadi salah satu trending topik di media sosial X pada Jumat (30/8) pagi hingga Sabtu (31/8) dini hari.

Pendukung Anies yang sering disebut “Anak Abah” banyak berkomentar di jagat maya terkait pendirian Partai Perubahan Indonesia.

Kemenkumham Bali

“Abah Anies Baswedan sementara cukup dulu ya, Tuhan mencatat perjuangannya bukan hasilnya.. Selanjutnya kembali ke Indonesia mengajar sembari mempersiapkan partai PERUBAHAN INDONESIA. Semangat terus untuk Indonesia makmur, berkah lepas dari para pengkhianat..💚” tulis akum @baxxs di medsos X terpantau Sudutpandang.id, Sabtu (31/8) dini hari.

Kalo bikin partai ntar namanya PAPERI/PARUBI (Partai Perubahan Indonesia),” tulis akun lainnya.

BACA JUGA  Pantarlih TPS III Kelurahan Mekar Baru Gelar Coklit Bupati Asahan

Anies Baswedan pun blak-blakan mengaku menyesal gagal ikut Pilgub Jakarta 2024. Menurut Anies, ada alasan kenapa dirinya harus maju kembali di Pilgub Jakarta dan menyesal akhirnya gagal mengikuti kontestasi politik tersebut.

“Kalau saya ditanya ada penyesalan, tidak? ada, ada penyesalan itu,” kata Anies dalam Catatan Anies Baswedan Pasca Pilpres dan Pendaftaran Pilkada, Jumat (30/8/2024).

Ia pun mengungkapkan alasan menyesal tidak ikut Pilgub Jakarta, karena tertutup semua keinginannya untuk menyerap dan melaksanakan aspirasi masyarakat Jakarta, khususnya mereka kelas menengah ke bawah.

“Yang saya sesali adalah aspirasi warga kampung-kampung miskin kota, rakyat miskin kota yang berdatangan ke rumah ini, di tempat sini setelah selesai pilpres kemarin bergantian, berombongan datang, bergantian menyampaikan keinginan, aspirasi Pak tolong kembalikan kondisi yang kemarin kita rasakan satu setengah tahun ini hilang,” ungkap Anies.

BACA JUGA  Wali Kota Bandung Berpulang Saat Akan Jadi Khatib Salat Jumat

Diketahui Anies gagal maju dalam pencalonan sebagai cagub Jakarta pada gelaran Pilkada Serentak 2024.

Sebelumnya, ia digadang-gadang maju melalui PKS, NasDem, PKB hingga PDIP. Bahkan, Anies pun akan dipasangkan dengan Ono Surono di Pilgub Jabar oleh PDIP.(01)