Gus Ipul Jadi Mensos Jelang Akhir Masa Jabatan Jokowi

Gus Ipul Jadi Mensos
Saifullah Yusuf alias Gus Ipul ddidampingi istri usai dilantik resmi sebagai Menteri Sosial (Mensos) di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (11/9/2024).(Foto: IST)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Saifullah Yusuf alias Gus Ipul resmi menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Gus Ipul dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Mensos pada Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Kemenkumham Bali

Gus Ipul, menggantikan Tri Rismaharini yang mengundurkan diri karena maju Pilgub Jatim.

Gus Ipul pun menyatakan mengundurkan diri sebagai Wali Kota Pasuruan setelah dirinya dilantik jadi Mensos.

Dia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 102/P tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PB NU) itu mengaku mendapat kabar ditunjuk jadi Mensos sejak dua hari lalu  Ia menilai penunjukan itu sebagai suatu kepercayaan dari Presiden Jokowi.

BACA JUGA  Dahlan Iskan Nilai Posisi Erick Thohir Mirip Perdana Menteri

“Satu-dua hari ini terakhir ini. Ya ini satu kepercayaanlah, ya. Saya juga tidak meneruskan di Pasuruan,” ungkapnya usai pelantikan di Istana Merdeka Jakarta.(for/01)