Hentikan Agresi Israel, PM Irak Serukan Pemimpin Arab Gelar Rapat Darurat

PM Irak Serukan Pemimpin Arab Gelar Rapat Darurat Hentikan Agresi Israel
PM Irak, Mohammed Shia'Al Sudani(Foto:Dok.cfri-irak.com)

SUDUTPANDANG.ID – Perdana Menteri (PM) Irak, Mohammed Shia’ Al Sudani, menyerukan kepada para pemimpin Arab di New York untuk menggelar rapat darurat di sela-sela Sidang Umum ke-79 PBB. Pertemuan tersebut untuk membahas agresi Israel terhadap Lebanon.

“Irak menyerukan dan bekerja untuk mengadakan pertemuan darurat bagi para pemimpin delegasi Arab (di New York) untuk meninjau dampak agresi Zionis (Israel) terhadap rakyat kami yang damai di Lebanon,” kata Al-Sudani dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya seperti dilansir Selasa *25/9/2024).

Kemenkumham Bali

Mohammad Shia Al-Sudani mendesak adanya kerja sama kolektif untuk menghentikan tindakan kriminal Israel dan menggerakkan opini internasional.

PM Irak juga menyampaikan bahwa negaranya telah membentuk sistem untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Lebanon melalui jembatan udara dan darat, terutama di rumah sakit.

BACA JUGA  PLN Setor Rp2,19 Triliun Deviden dan Pajak Rp35,33 Triliun ke Negara

Diketahui Israel telah melancarkan serangan udara besar-besaran ke wilayah selatan dan timur Lebanon. Otoritas kesehatan Lebanon melaporkan setidaknya 492 orang tewas, termasuk 35 anak-anak.

Sebanyak 1.645 lainnya terluka dalam serangan yang dimulai sejak Senin (23/9) pagi, yang juga memaksa ribuan warga sipil menyelamatkan diri dari tempat tinggal mereka.

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam pertempuran lintas batas sejak dimulainya perang Israel di Gaza. Perang tersebut telah menewaskan lebih dari 41.400 orang, sebagian besar di antaranya adalah wanita dan anak-anak, menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada Oktober 2023 lalu.(01)

Sumber: Anadolu