Empat Pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan 2024-2029 Resmi Dilantik

DPRD
Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur masa bakti 2024-2029 resmi dilantik pada Kamis (3/10/2024) siang. FOTO: HO-Pemkab Pasuruan

PASURUAN-JATIM, – Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur masa bakti 2024-2029 resmi dilantik pada Kamis (3/10/2024) siang.

Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah dan Janji yang digelar di kantor DPRD Kabupaten Pasuruan ini menandai awal kepemimpinan baru yang diharapkan biasa membawa perubahan signifikan bagi Kabupaten Pasuruan.

Kemenkumham Bali

Dari pantauan di lapangan acara dibuka oleh ketua sementara, Abd. Karim dan disambung dengan pembacaan surat keputusan Gubernur Jawa Timur tentang pengangkatan dan peresmian pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan 2024-2029 yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris DPRD Kabupaten Pasuruan Syarifudin Ahmad.

Selanjutnya, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan memandu prosesi pengucapan sumpah/janji yang diikuti oleh para pimpinan DPRD terpilih.

Setelah prosesi tersebut, dilakukan serah terima jabatan dari Ketua DPRD sementara kepada Ketua DPRD yang baru dilantik, ditandai dengan penyerahan palu sidang sebagai simbol tanggung jawab kepemimpinan.

BACA JUGA  Satgas: Pinjol Ilegal Minta Akses Daftar Kontak & Data Ponsel, Jangan Pernah Izinkan

Dalam agenda pelantikan ini, Samsul Hidayat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan menggantikan ketua sebelumnya, yaitu Sudiono Fauzan yang juga berasal dari partai yang sama. Kemudian Adinda Denisa dari Fraksi Gerindra menduduki posisi wakil ketua I, Rias Yudikari Drastika dari Fraksi Golkar menjadi wakil ketua II, yang merupakan satu-satunya pimpinan yang melanjutkan jabatannya dari periode sebelumnya. dan Muhammad Zaini dari Fraksi PDIP menempati posisi wakil ketua III.

Dalam sambutannya, Samsul Hidayat menyebut pelantikan ini sebagai peristiwa politik yang memiliki makna sejarah bagi Kabupaten Pasuruan.

“Hari ini merupakan awal kami berkiprah sebagai pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan. Ini adalah momentum bersejarah, di mana kami akan berusaha untuk bekerja serasi dan sinergis dengan kepala daerah dan seluruh jajaran pemerintahan,” ujar Samsul setelah dinobatkan sebagai ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.

BACA JUGA  Dandim 0819/Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Ia menyampaikan pentingnya pengawasan dan evaluasi dari masyarakat terhadap anggota DPRD dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat.

“Kami terbuka untuk kritik, saran, dan masukan. Ingatkan kami jika ada yang keliru, agar kami dapat selalu tegak lurus dalam menjaga komitmen berpihak pada rakyat Kabupaten Pasuruan,” katanya.

Di akhir sambutannya, Samsul memohon dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah agar tugas-tugas DPRD Kabupaten Pasuruan bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Kami meminta doa restu dan dukungan agar kami mampu melaksanakan amanah ini dengan penuh tanggung jawab sesuai harapan kita semua,” katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan Nur Kholis dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru dilantik.

BACA JUGA  Jurnalis di Gaza Diserang, 8 Anggota Keluarga Terbunuh

Dia meminta sinergi dari DPRD dan media untuk mendukung pembangunan Kabupaten Pasuruan.

“Saya hanya menjabat selama 5 bulan, tapi saya akan berusaha sebaik mungkin untuk melanjutkan capaian yang sudah ada dan meningkatkan yang masih perlu diperbaiki,” katanya.

Ia menegaskan bahwa dalam waktu yang singkat ini akan dimanfaatkan secara maksimal untuk membawa Kabupaten Pasuruan lebih baik meski dengan segala keterbatasannya.(ACZ/02)