Hemmen

Dampak Gempa, 14 Rumah di Pamijahan-Bogor Rusak

Petugas BPBD Kabupaten Bogor, Jabar, Jumat(8/12/2023) saat mendata bangunan rumah yang rusak setelah gempa melanda wilayah itu. FOTO: dok.BPBD Kabupaten Bogor.

CIBINONG-JABAR, SUDUTPANDANG.ID – Dampak akibat guncangan gempa pada Jumat (8/12/2023) menyebabkan sekurangnya 14 rumah di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rusak.

Menurut Staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin di Cibinong, Jumat (8/12) gempa berkekuatan magnitudo 4,3 terjadi pada Jumat (8/12) pukul 02.00 WIB dini hari.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Ia menjelaskan, empat kampung di Desa Purwabakti terdampak gempa bumi, yakni Cigarehong, Padajaya, Padajembar, dan Kampung Cimapag.

Namun, peristiwa 14 rumah rusak hanya terjadi di dua kampung yakni Kampung Cigarehong sebanyak 7 unit rumah yang dihuni 7 KK/21 jiwa, dan Kampung Padajaya 7 unit rumah yang dihuni 7KK/31 jiwa.

BACA JUGA  Pegunungan Arfak Papua Barat Digoncang Gempa Magnitudo 4,8

“Total 14 unit rumah (rusak), dihuni 14 KK/52 jiwa,” katannya.

Gempa bumi ini juga berdampak pada sejumlah fasilitas umum seperti Musala Al Istikomah di Kampung Cigarehong, dan Musala Al Falah di Kampung Padajaya.

Meski tidak ditemukan korban jiwa, gempa bumi yang mengakibatkan retakan dan dinding-dinding rumah roboh ini berpotensi mengakibatkan pergeseran tanah hingga tanah longsor.

Hingga kini tim BPBD Kabupaten Bogor masih melakukan kaji cepat di lokasi yang terdampak gempa.

Titik lokasi yang terdampak jaraknya berjauhan, kata Jalaludin. (02/Ant)

Barron Ichsan Perwakum