Dithubla Lakukan Uji Kalaikan Kapal di Pelabuhan Merak

Kapal di Pelabuhan Merak Banten/Dok.Kemenhub

Merak, Sudut Pandang.id-Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dithubla) melakukan uji petik kelaiklautan kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (19/12/2019).

Uji petik kelaiklautan kapal penumpang tersebut dilakukan jelang masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Natatu) 2020. Dua kapal yang dilakukan uji petik adalah kapal KMP Portlink dan kapal KMP Mabuhay Nusantara.

IMG-20220125-WA0002

“Uji petik di kedua kapal tersebut dilakukan karena kedua kapal tersebut termasuk armada angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2020,” kata Kasi Keselamatan Kapal Penumpang dan Penangkap Ikan, Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Capt Ari Wibowo.

Tim juga mengecek kesiapan sekoci di atas kapal yang dinilai berfungsi normal dan pada kesempatan tersebut tim juga memeriksa ruang mesin kapal hingga pengecekan kesediaan jaket penyelamat di dek penumpang.

“Tadi kita lihat sama-sama ketika¬†launching life boat sudah bagus hasilnya. Jadi hasil yang kami temukan kami memverifikasi hasil temuan dari teman-teman KSOP ada beberapa temuan minor yang akan dilakukan di kapal,” tuturnya.

Petugas sudah melakukan uji petik kapal di Pelabuhan Merak sejak September 2019. Dari jumlah 71 kapal, sudah 68 kapal di Merak yang diuji petik.

“Berikutnya tim akan melakukan uji petik kelaiklautan kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Muara Angke,” tutup Capt. Ari.(bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.