Donald Trump Kembali Tuduh China Penyebab Wabah Corona

Presiden AS Donald Trump/Axios

SudutPandang.id- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menuduh China sebagai penyebab mewabahnya virus Corona (Covid-19) yang saat ini melanda dunia.

Trump memperingatkan pemerintah China tentang konsekuensi yang harus diterima bila “secara sadar bertanggung jawab” atas pandemi Covid-19.

IMG-20220125-WA0002

“Itu bisa saja dihentikan di China sebelum dimulai, tetapi tidak. Dan sekarang seluruh dunia menderita karenanya,” uar Trump dilansir dari AFP, Minggu (19/4/2020).

Jika mereka (China), kata Trump secara sadar bertanggung jawab, maka harus ada konsekuensi yang ditanggung negara Tirai Bambu itu.

“Apakah itu kesalahan yang lepas kendali atau itu dilakukan dengan sengaja? Itu perbedaan besar antara keduanya,” katanya.

“Dalam dua kemungkinan itu, mereka seharusnya melibatkan kami. Kami meminta terlibat lebih awal, dan mereka tidak menginginkannya. Kurasa mereka tahu itu sesuatu yang buruk dan mereka malu,” sambung Trump.

Menurut Trump, tidak menutup kemungkinan Covid-19 menyebar secara tidak sengaja dari sebuah laboratorium yang meneliti kelelawar di Wuhan.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menolak tudingan AS dan mengatakan “tidak ada dasar ilmiah”.

Zhao juga sebelumnya sempat menuduh balik bahwa militer AS yang mungkin telah membawa virus ke negaranya.(santo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.