Daerah  

Ini Pengakuan Wanita yang Diduga Jadi Penyebab Pembunuhan Petugas Dishub Makassar

Dok.Fotografer

MAKASSAR, SUDUTPANDANG.ID – Sidang perkara pembunuhan petugas Dinas Perhubungan Makassar, Najamuddin Sewang, dengan terdakwa eks Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Muh Iqbal Asnan menghadirkan tiga saksi. Seorang di antaranya perempuan bernama Rachmawati yang mengaku sebagai istri terdakwa.

Selain Rachmawati, jaksa penuntut umum (JPU) juga menghadirkan saksi saudara korban, Awaluddin Sewang dan Juniati Sewang, ke hadapan majelis hakim yang dipimpin Johnicol Richard Frans Sine.

IMG-20220125-WA0002

Ssok Rachmawati menjadi perhatian karena diduga sebagai penyebab terjadinya pembunuhan berencana itu.

“Saya sekarang sebagai staf di Kecamatan Bontoala Yang Mulia. Dua bulan lalu dipindah ke kecamatan,” ujar Rachmawati saat sidang di Ruang Harifin A Tumpa Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (14/9/2022).

Akui sebagai Istri Eks Kasatpol PP

Saat majelis menanyakan hubungan kekeluargaan dengan Muh Iqbal Asnan, Rachmawati mengungkapkan dirinya sebagai istri. “Punya hubungan keluarga Yang Mulia. Suami Yang Mulia,” jawabnya.

Ketua Majelis Hakim Johnicol Richard Frans Sine pun mempertanyakan status pernikahan antara Rachmawati dengan Iqbal Asnan. Dalam keterangannya, Rachmawati mengaku sudah menikah dengan Muh Iqbal Asnan hanya secara agama.

“Nikah berdasarkan agama Yang Mulia,” sebutnya.

Keterangan Keluarga Korban

Sementara saksi Juniati Sewang mengungkapkan bahwa tahun 2019, Iqbal Asnan pernah menyampaikan kepada dirinya bahwa adiknya mendekati saksi Rachmawati. Juniati mengungkapkan selanjutnya dirinya melakukan video conference aplikasi WhatsApp dengan Iqbal Asnan dan Najamuddin Sewang.

“Adik saya bilang tidak berani mendekati. Saya tegaskan tanya kembali ke adek dan dia bilang tidak dan tidak berani (mengganggu Rachmawati),” tuturnya.

Seusai video conference, Juniati mengaku kembali mempertanyakan kembali kepada Najamuddin Sewang apakah mendekati Rachmawati. Juniati menjelaskan adiknya kembali membantah mendekati perempuan itu.

Juniati juga mengungkapkan bawa istri Najamuddin Sewang pernah menyampaikan korban sering diminta untuk menjadi sopir Rachmawati. Dia menyebut antara Rachmawati dan adiknya merupakan atasan dan bawahan.

“Rachma (Rachmawati) ini Kasi (kepala seksi) di Dishub. Istrinya mengatakan Rachma sering meminta Adik saya untuk mengantar,” sebutnya.(red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.