Jelang Nataru, Ditjen Hubla Siap Bekerja Maksimal

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko/net

Jakarta, Sudut Pandang.id-Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko menyatakan pihaknya siap bekerja maksimal dalam penyelenggaraan angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Menurutnya, tujuan diselenggarakannya Posko Angkutan Laut Nataru adalah tercapainya penyelenggaraan Angkutan Laut dengan lancar, selamat, aman dan nyaman serta terkoordinasi.

IMG-20220125-WA0002

“Posko tersebut didukung oleh PT. Pelni (Persero), Operator Komputer, Operator CCTV, Operator Tracking Kapal dan Aplikasi Sistem Pelaporan “SIASATI”. Selain itu, Ruang Posko juga dilengkapi TV Monitor, CCTV di Pelabuhan, Tracking System Kapal Penumpang dan Perintis, Aplikasi Pelaporan Naik/Turun Penumpang di 51 Pelabuhan Pantau dan Sarana komunikasi agar angkutan Nataru dapat berlangsung asyik, lancar dan selamat seperti tagline Nataru tahun 2019 ini,” papar Capt. Wisnu Handoko, usai peresmian Posko Nataru di Kementerian Perhubungan Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Ia menjelaskan, pada periode tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang naik sebesar 1,84 % atau 1.191.786 penumpang dibandingkan tahun lalu. Lonjakan penumpang, diprediksi terjadi pada tanggal 21 Desember (Periode Pra Natal), tanggal 28 Desember (Periode Natal dan Tahun Baru) dan tanggal 4 Januari 2020 (Periode Pasca Tahun Baru).

“Kondisi tersebut harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan laut yang andal dan memadai, di mana jumlah armada yang siap melayani masyarakat sebanyak 1.293 kapal dengan kapasitas angkut 3.415.838 penumpang,” ujarnya.

Bersamaan dengan pembukaan posko angkutan laut Nataru hari ini, sejumlah pelabuhan di Indonesia juga melakukan Apel kesiapan secara serentak guna semakin memantapkan koordinasi dengan instansi terkait di daerah.(bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.