Hemmen

Kokoh di Puncak Klasemen, Arsenal Tundukkan Dramatis Luton Town 4-3

Pemain Arsenal merayakan selebrasi gol kemenangan keempat mereka saat berhasil menundukkan tim Luton Town dengan skor 4-3 pada pekan ke-15 Liga Inggris di Stadion Kenilworth Road, Luton, Rabu (6/12/2023). FOTO: arsenal.com

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Arsenal kokoh di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2023/2024 dengan 36 poin dari 15 pertandingan setelah secara dramatis menundukkan tim sepak bola Luton Town secara dramatis dengan skor 4-3 di Stadion Kenilworth Road, Luton, Rabu (6/12/2023) dini hari WIB.

Dengan kemenangan itu Arsenal berselisih lima poin dari Liverpool yang berada di posisi kedua.

Drama tujuh gol mewarnai kemenangan Arsenal atas Luton Town dengan skor 4-3 pada pekan ke-15 Liga Inggris itu.

Pada pertandingan ini gol-gol kemenangan Arsenal lahir lewat Gabriel Martinelli, Gabriel Jesus, Kai Havertz dan Declan Rice, sedangkan Luton Town sempat membalas melalui Gabriel Osho, Elijah Adebayo serta Ross Barkley, demikian catatan Liga Inggris.

Sementara itu, Luton Town masih tertahan di posisi ke-17 dengan 19 poin dari 15 laga dan berpotensi disalip oleh Everton andai mereka dapat mengalahkan Newcastle, Jumat (8/12) dini hari WIB mendatang.

BACA JUGA  Divonis Kanker Paru-Paru, Sanjay Dutt Pasrah Jika Harus Meninggal Dunia

Secara statistik Arsenal mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 67 persen penguasaan bola serta mencatatkan 23 tendangan yang sembilan di antaranya tepat sasaran.

Dominasi “The Gunners” — julukan Arsenal — atas Luton telah dimulai sejak menit pertama, namun Arsenal baru bisa mencuri keunggulan pada menit ke-20.

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Bukayo Saka, bola dapat diterima oleh Gabriel Martinelli yang selanjutnya melepaskan tendangan kaki kanan dan membobol gawang Luton Town sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Meski bermain di bawah kendali Arsenal, Luton dapat menyamakan kedudukan lima menit berselang lewat gol Gabriel Osho yang memanfaatkan umpan Alfie Doughty sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Arsenal tak tinggal diam dan berupaya kembali unggul, namun baru membuahkan hasil ketika babak pertama telah memasuki menit terakhir lewat sundulan Gabriel Jesus memanfaatkan umpan silang Ben White dan mengubah skor menjadi 2-1 yang bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA  Kandaskan Totentham, West Ham Bangkit Dari Ketinggalan Untuk Menang 2-1

Memasuki babak kedua, secara tak terduga Luton mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan dapat membuahkan hasil pada menit ke-49 setelah umpan silang Doughty dapat disambut sundulan Elijah Adebayo yang membobol gawang David Raya sehingga skor kembali sama kuat 2-2.

Taktik yang diterapkan pelatih Rob Edwards perlahan kembali membuahkan hasil setelah Luton sukses berbalik unggul menjadi 3-2 berkat gol Ross Barkley pada menit 57.

Hanya berselang tiga menit, Arsenal dapat menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Kai Havertz setelah menerima umpan dari Gabriel Jesus sehingga skor berubah kembali sama kuat 3-3.

Kedua tim terus berupaya untuk mencari gol, namun pada akhirnya Arsenal yang sukses keluar sebagai pemenang setelah mampu membobol gawang “The Hatters” pada “injury time” babak kedua.

BACA JUGA  Innalillahi, Mualaf Pendiri Masjid Ramlie Musofa Meninggal Dunia

Gol kemenangan Arsenal dicatatkan oleh sundulan Declan Rice setelah menerima umpan silang Martin Odegaard pada menit 90+7 dan membuat pertandingan berkesudahan dengan skor 4-3 untuk kemenangan skuad asuhan Mikel Arteta.

Selanjutnya Arsenal akan menghadapi Aston Villa pada pekan ke-16 Liga Inggris, Sabtu (9/12), sedangkan Luton Town menjamu Manchester City, sehari setelahnya. (02/Ant)

Kesbangpol Banten