Berita  

Merayakan Kebhinnekaan dalam Gelaran Festival Cap Go Meh 2020 Krendang Raya

Jakarta,SudutPandang.id-Festival Cap Go Meh Krendang Raya, Minggu, (9/2/2020), sukses digelar. Masyarakat dari berbagai kalangan tumpah ruah menyaksikan event budaya tahunan yang dikenal dengan sebutan “Krendang Rasa Singkawang”.

Ketua Panitia Festival Cap Go Meh 2571/2020, Phang Mui Jun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam acara.

IMG-20220125-WA0002

“Terima kasih untuk semuanya. Meski persiapan acara terbilang singkat, namun acara tahun ini dapat berjalan dengan aman, dan lancar. Festival Cap Go Meh Krendang Raya akan kembali hadir tahun depan lebih meriah lagi,” ucap pria asal Singkawang yang akrab disapa Ko Ajun.

Menurut Ko Ajun, selain melestarikan tradisi dan budaya, acara yang diadakan 15 hari setelah Tahun Baru Imlek ini juga telah membuktikan semua komponen bangsa bersatu tanpa mengenal perbedaan.

Ketua Panitia
Ketua Panitia Festival Cap Go Meh 2020 Krendang Raya, yang juga Ketua Umum YRKI Tambora Phang Mui Jun (kanan) dan anggota DPR-RI Darmadi Durianto (kiri)/ist

“Setiap tahun kita bukan hanya sebatas merayakan Cap Go Meh secara seremonial, namun juga menegaskan kembali pentingnya menjaga semangat kebangsaan, merajut kebhinnekaan, dan membumikan Pancasila,” katanya penuh semangat.

Anggota Komisi VI DPR-RI Darmadi Durianto, yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kerja keras panitia penyelengara Cap Go Meh Krendang Raya dari Yayasan Rumah Kebangsaan Indonesia (YRKI) Tambora.

“Saya apresiasi setinggi-tingginya terhadap komitmen YRKI Tambora dalam menjaga pelestarian budaya Cap Go Meh di Indonesia. Sudah 5 tahun berturut-turut diadakan perayaan Cap Go Meh di Krendang Raya Tambora. Saya selalu hadir untuk menyaksikan langsung kemeriahan acara yang luar biasa ini,” kata Darmadi.

Ia berharap perayaan Cap Go Meh di Krendang ini ke depan bisa naik kelas. Bisa go national dan go international, sehingga wilayah Krendang Tambora bisa dikenal sampai mancanegara. Beragam kuliner yang dijajakan dapat menjadi alat diferensiasi yang ampuh untuk menarik para wisatawan.

“Perayaan Cap Go Meh memberikan nilai lebih dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan, sepanjang jalan Krendang Raya dipenuhi oleh pelaku UMKM yang didominasi oleh pengusaha kuliner,” kata legislator dapil DKI Jakarta III (Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kep.Seribu) ini.

Dayak
Anggota Komisi VI DPR-RI Darmadi Durianto bersama para Suhu dari Dewa Datuk saat Festival Cap Go Meh Krendang Raya, Minggu (9/2/2020)/ist

Darmadi berpesan agar masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa untuk lebih merekatkan dan mempererat tali persaudaraan sesama anak bangsa.

“Beragam masyarakat tampak hadir dalam perayaan Cap Goh Meh itu. Ada suku Tionghoa, Jawa, Batak, dan lain-lain, serta berbagai ragam pula agamanya. Hal ini menunjukkan semangat Bhinneka Tunggal Ika ada di dalam perayaan Cap Go Meh Krendang Raya,” tandas Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR-RI ini.

Hadir dalam acara yang meriahkan para Suhu-suhu asal Kalimantan Barat ini, Danramil 02/Tambora Kapten Inf Arja Suarja, Babinkamtibmas Polsek Tambora Aiptu Suparno, dan para tokoh masyarakat.(gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.