Hemmen

Penutupan Perdagangan, Rupiah Melemah Jadi Rp15.380 Per Dolar AS

Ilustrasi - Lembaran mata uang rupiah dan dolar AS. FOTO:Dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pada penutupan perdagangan Selasa (19/9/20243) sore, nilai tukar mata uang rupiah mengalami pelemahan 10 poin atau 0,07 persen menjadi Rp15.380 per dolar Amerika Serikat (AS) dari sebelumnya Rp15.370 per dolar AS.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (19/9) menyatakan kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Selasa turut melemah ke posisi Rp15.381 dari sebelumnya Rp15.373 per dolar AS.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Dolar AS sedikit lebih tinggi, menyimpang tidak terlalu jauh dari level tertinggi (dalam) enam bulan (terakhir) terhadap mata uang utama lainnya pada minggu lalu,” katanya.

Pasar memperkirakan The Fed bakal mempertahankan suku bunga pada rapat Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) pada Kamis (21/9) waktu Indonesia atau Rabu (20/9) waktu AS. The Fed juga berpotensi memberikan indikasi untuk tetap mendukung kebijakan suku bunga tertinggi.

BACA JUGA  Dipengaruhi Tanda-Tanda Ketahanan Ekonomi AS, Rupiah Melemah

Senada, pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan rupiah melemah terhadap dolar AS karena pasar menantikan hasil rapat The Fed.

Ia mengatakan dengan membaiknya data ekonomi AS belakangan ini dan inflasi yang masih belum turun ke 2 persen, meskipun kemungkinan besar The Fed akan mempertahankan suku bunganya di rapat kali ini, tapi The Fed mungkin akan memberikan indikasi untuk tetap mendukung kebijakan suku bunga tinggi.

Selain itu, harga minyak mentah yang terus meningkat dapat menjadi masalah baru bagi perekonomian global dan menyulut inflasi.

Kenaikan harga minyak mentah menambah kebutuhan Indonesia terhadap dolar AS guna mengimpor minyak mentah, sehingga faktor ini dapat mendukung penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya, termasuk rupiah. (02/Ant)

BACA JUGA  Kabar Baik, Rupiah Hari Ini Menguat

 

Barron Ichsan Perwakum