Hemmen
Berita  

Perekrutan ASN IKN Diprioritaskan untuk Putra Daerah

ASN IKN
Ilustrasi

JAKARTA,SUDUTPANDANG.ID – Diprioritaskan bagi putra daerah perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

“Presiden memberi arahan bahwa formasi ini untuk IKN dan itu wajib untuk perpindahan IKN secara kontinyu. Khusus untuk IKN kami juga telah mengajukan permohonan untuk memberikan kesempatan kepada putra daerah agar bisa direkrut sebagai ASN,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 yang digelar KemenPAN-RB, di Jakarta, dikutip Minggu (17/3/2024).

Kemenkumham Bali

Disebutkan, pemerintah membuka sebanyak lebih dari 225.000 formasi khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA  Menpan RB: ASN Penajam Paser Utara Harus Jadi Penggerak IKN

Menurutnya, selain untuk IKN, peluang masyarakat untuk menjadi ASN atau Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga sangat besar. Jika sebelumnya, seleksi CPNS hanya dilakukan satu kali dalam setahun, mulai tahun 2024 ini akan dilakukan tiga kali dalam setahun.

“Sehingga memberi kesempatan bagi mereka atau instansi yang belum terpenuhi kebutuhannya. Sehingga kami lakukan tiga kali dalam setahun,” kata Anas, menjelaskan.

Dia mengatakan, seluruh tenaga horoner di Indonesia yang telah terdaftar dalam database akan dituntaskan pada tahun 2024. Oleh karena itu, Azwar Anas minta bupati atau kepala daerah agar mengkhususkan formasi bagi yang sudah masuk daftar database di BKN Pusat.

Diketahui, jumlah tenaga honorer yang terdaftar di BKN Pusat yakni sekitar 2,3 juta. Namun, saat ini tersisa 1,7 juta tenaga honorer. (RRI/06)