Hemmen
Berita  

Pertamina Buka Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi 2024

Pertamina
Pertamina kembali buka program Beasiswa Sobat Bumi 2024. Tidak hanya memberi bantuan biaya, beasiswa ini juga mengajak mahasiswa terjun langsung ke masyarakat. (dok. Pertamina)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Kabar baik bagi mahasiswa yang sedang mencari program beasiswa, PT Pertamina (Persero) membuka lagi Beasiswa Sobat Bumi. Beasiswa ini salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan bangsa.

Beasiswa Sobat Bumi ditujukan untuk mahasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4) dengan beragam manfaat untuk penerimanya.

Mulai dari bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, capacity building terkait pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, dan energi terbarukan, serta jejaring mahasiswa seluruh Indonesia.

Vice President CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, lewat beasiswa ini, Pertamina membina mahasiswa sesuai dengan semangat Pertamina, yakni energizing community.

“Jadi, mereka tidak hanya memperoleh bantuan dalam bentuk biaya tetapi juga pengalaman terjun langsung ke tengah masyarakat bersama Pertamina,” ujar Fajriyah.

BACA JUGA  Juara Liga 3 Jawa Barat, Persipasi Konvoi Keliling Kota Bekasi

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dibuka hingga 24 Februari 2024 melalui laman pertaminafoundation.org. Adapun persyaratannya sebagai berikut:

1. Mahasiswa mitra perguruan tinggi Beasiswa Sobat Bumi (38 perguruan tinggi);

2. Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6;

3. IP dan/atau IPK terakhir >/3.00;

4. Tidak sedang menerima beasiswa periode Januari-Desember 2024;

5. Memiliki sertifikasi Bahasa Inggris menjadi nilai tambah;

6. Membuat esai dengan tema “Kontribusiku untuk Pencapaian Net Zero Emission”;

7. Aktif mengikuti organisasi kemasyarakatan atau lingkungan hidup.

Sejak Tahun 2011
Berkiprah sejak tahun 2011, Pertamina telah memberikan beasiswa melalui Beasiswa Sobat Bumi kepada 3.813 putra-putri terbaik seluruh Indonesia.

Dari masa pandemi hingga tahun lalu, penerima terus meningkat dari tahun 2020 berjumlah 285 mahasiswa, 2021 berjumlah 381 mahasiswa, tahun 2022 berjumlah 420 mahasiswa, dan tahun 2023 berjumlah 465 mahasiswa.

BACA JUGA  One Way Diperpanjang hingga Tol Semarang-Solo

Terkait pengalaman terjun langsung ke tengah masyarakat bersama Pertamina, tahun lalu, para penerima beasiswa melakukan 76 Aksi Sobat Bumi.

Aksi diwujudkan dengan total menanam 12.412 pohon mangrove, 800 pohon trembesi, 160 pohon angsana, 100 pohon cempaka, dan 155 pohon penyerap karbon lainnya serta mengumpulkan 3.9 ton sampah.

Mahasiswa juga didorong untuk mendukung program Pertamina, yakni Desa Energi Berdikari (DEB) dan Sekolah Energi Berdikari (SEB). Sebanyak 42 penerima beasiswa terlibat dalam aktivitas DEB dan 141 dalam aktivitas SEB bersama Perwira Pertamina.

Tidak hanya ikut aktivitas, mereka juga berperan sebagai katalisator energi terbarukan di desa-desa dengan menghasilkan 24 embrio DEB.

Setiap tahunnya, mereka juga wajib untuk menampilkan budaya daerah asal kampusnya masing-masing lewat tarian, nyanyian, dan bentuk-bentuk kesenian lainnya.

BACA JUGA  PKHI Siap Bersinergi dengan PWI untuk Hypnowriting

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Sobat Bumi dapat diakses pada laman website pertaminafoundation.org dan media sosial resmi Pertamina Foundation.

Hati-hati penipuan, segala proses seleksi Beasiswa Sobat Bumi tidak dipungut biaya apapun.

Sumber: Kabar BUMN/06

Kesbangpol Banten