Hemmen

PPSU Bersihkan Endapan Lumpur Sumur Resapan di Ceger

Dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membersihkan endapan lumpur dI sumur resapan di Jalan Haji Sholeh, RT 02/RW 02, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Lurah Ceger, Ratno mengatakan, sumur resapan tersebut tersumbat timbunan tanah liat dan lumpur yang terbawa ketika hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Biasanya enam bulan sekali dikuras. Dan PPSU sudah berapa kali menguras, namun kondisi tanah kurang meresap. Terutama saat hujan lebat,” kata Ratno di Jakarta, Kamis (20/10/2022)

Ratno menambahkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh PPSU Kelurahan Ceger ditemukan endapan lumpur setebal satu meter di dalam sumur resapan tersebut.

Dia mengatakan, sumur resapan yang digarap jajaran Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur tidak memiliki masalah karena memiliki kedalaman sekitar empat meter.

BACA JUGA  DKI Jakarta Bantu 4.412 Warga Dapat Pekerjaan Lewat Bursa Kerja

Ratno mengatakan, jajaran PPSU Kelurahan Ceger sudah mengeruk timbunan tanah liat dan lumpur yang menyumbat agar sumur resapan berfungsi optimal.

“Nanti kita ‘ploting’ (kerahkan personel untuk menguras sumur resapan) lagi, besok dikerjakan ulang,” ujar Ratno.

Sebelumnya, warga mengeluhkan keberadaan sumur resapan di Jalan Haji Sholeh, RT 02/RW 02, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, karena tidak berfungsi dengan baik.

Aduan warga itu terlihat pada aplikasi Jakarta Kini (Jaki) dengan nomor JK2210200083. Dilaporkan bahwa sumur resapan tersebut tidak menyerap air dengan baik sehingga justru menjadi sarang jentik.

“Sumur resapan tidak menyerap air, menjadi sarang jentik. Mohon ditindaklanjuti agar sures (sumur resapan) berfungsi kembali,” kata pelapor dalam aduan yang dibuat pada Kamis.(03/Ant)

Barron Ichsan Perwakum

Tinggalkan Balasan