Presiden Jokowi Lantik M Syarifuddin Jadi Ketua MA

Jakarta, SudutPandang.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Muhammad Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) di Istana Negara, Jakarta Kamis (30/4/2020).

Pelantikan Ketua MA dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Para tamu termasuk Jokowi juga terlihat mengenakan masker dan menjaga jarak di dalam ruangan.

IMG-20220125-WA0002

Tampak hadir Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD serta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Pelantikan Syarifuddin tertuang dalam surat Keputusan Presiden RI Nomor 41/P Tahun 2020 tentang pemberhentian dengan hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan pengangkatan Ketua MA.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua MA dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Syarifuddin.

Selain Syarifuddin, Jokowi juga melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul untuk masa jabatan 2020 – 2025.

Pelantikan ini merupakan kali kedua bagi Manahan yang sebelumnya menjabat sebagai Hakim MK periode 2015 – 2020.(um)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.