Hemmen

Refleksi Idul Fitri, Sekjen PDIP: Puasa Perkuat Kebeningan Nurani Wujudkan Kebenaran Sejati

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh rakyat Indonesia.

Hasto menekankan soal makna berpuasa selama satu bulan Ramadhan, yakni upaya menggembleng jiwa dan raga untuk memperkuat kebeningan nurani.

Kemenkumham Bali

“PDI Perjuangan yang digerakkan oleh nilai-nilai Ketuhanan percaya, bahwa puasa satu bulan penuh telah memperkuat lahir batin, menggembleng jiwa dan raga, sehingga diperoleh kekuatan batin untuk semakin mewujudkan kebenaran sejati, keadilan, dan seluruh perbuatan baik bagi rakyat, bangsa, dan negara,” kata Hasto kepada media, Rabu (10/4).

Kata Hasto, puasa juga memperkuat kebeningan nurani yang sangat diperlukan bagi setiap pemimpin untuk mengambil keputusan untuk kepentingan bangsa dan negara, jauh dari kepentingan pribadi.

BACA JUGA  Menaker: H-7 Lebaran THR Harus Sudah Diberikan

Lebih jauh dikatakan, dengan menjalankan ibadah Puasa, kemudian merayakan kemenangan, maka hal itu menjadi modal spiritualitas yang sangat penting bagi setiap upaya mewujudkan kebenaran dan keadilan bagi sebesar-besarnya kepentingan rakyat.

Menurutnya, Idul Fitri 1445 H menjadi ungkapan syukur seluruh anak bangsa.

“Mohon maaf lahir dan batin,” kata Hasto. (05)