Hemmen

RS Bhayangkara Disiapkan Polri Layani Petugas Pemilu 2024

Pemilu 2024
Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang turut serta menjaga kebugaran petugas Pemilu 2024, dengan melakukan pengecekan kesehatan secara keliling, Jumat (16/2/2024). - Foto: TribunJatim.com

JAKARTA,SUDUTPANDANG.ID – Pelayanan kesehatan bagi petugas Pemilu 2024 yang mengalami kelelahan selama bertugas, Polri siapkan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara di seluruh daerah untuk memberikan pelayanan.

Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan (Pusdokkes) Polri Irjen dr. Asep Hendradiana, Sp.An., KIC, M.Kes. di Jakarta, Rabu, 21 Februari 2024 mengatakan Polri sudah bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) terkait terkait pelayanan kesehatan bagi semua anggota KPPS yang memerlukan pengobatan dan perawatan.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Kami sudah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan BPJS untuk melayani semua anggota KPPS yang memerlukan pengobatan dan perawatan di semua rumah sakit Polri,” kata Asep dikutip Antaranews.

Selain itu, kerja sama juga terjalin antara Polri dengan TNI, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA  Polri Periksa Pegawai KPK

Asep mengatakan tenaga kesehatan dan RS Bhayangkara Polri juga memberikan skrining kesehatan kepada petugas KPPS sebelum bertugas, guna memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan prima dan meminimalkan kelelahan saat bertugas.

Asep menambahkan kepedulian terhadap kesehatan petugas KPPS menjadi perhatian bersama.

Polri dan jajaran instansi terkait lainnya juga diundang rapat koordinasi oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP) guna memastikan pelayanan medis berjalan dengan baik.

Dari rapat koordinasi tersebut, semua unsur kesehatan TNI, Polri, Kemenkes, BPJS, dan K/L diminta untuk siap siaga.

Polri melibatkan 24 dokter, 58 RS Bhayangkara, dan 580 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Polri.

“Arahan lainnya, agar temuan dan laporkan bila ada kasus kesakitan atau kematian petugas pemilu satu pintu ke Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

BACA JUGA  Melalui Putranya, Ustadz Abu Bakar Ba'Asyir Kirim Salam Semoga Sehat ke Gus Ipul

Layanan kesehatan ini juga diberikan kepada anggota Polri dan TNI yang bertugas mengamankan Pemilu 2024.(Ant/06)

Barron Ichsan Perwakum