Sekda Kabupaten Asahan Lantik 192 Kepala Sekolah

Foto:dok.Kominfo Kabupaten Asahan

ASAHAN, SUDUTPANDANG.ID – Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan John Hardi Nasution, melantik 192 kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan.

Pelantikan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan No. 63-BKD-Tahun 2022 tentang Pemberhentian, Pengangkatan dan Pemindahan PNS sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah SD Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan.

IMG-20220125-WA0002

“Pelantikan merupakan hal yang biasa untuk kebutuhan dan penyegaran organisasi, agar ada inovasi dalam menjalankan keorganisasian,” ujar Bupati dalam sambutannya di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Jumat (17/6/2022).

Sebanyak 192 kepala sekolah yang dilantik terdiri dari 168 orang Kepala Sekolah SD, dan 24 orang Kepala Sekolah SMP.

John Hardi mengharapkan kepala sekolah yang baru dilantik dapat meningkatkan SDM serta beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

“Mampu bekerja sama dalam memajukan pendidikan yang berkesinambungan dalam rangka mengimplementasikan kurikulum Merdeka dan sekolah penggerak, sehingga pendidikan di Kabupaten Asahan dapat lebih maju,” pesannya.

Apalagi, lanjutnya, sumber daya manusia merupakan faktor penting yang menjadi modal pembangunan bagi semua daerah termasuk bagi Kabupaten Asahan.

“Karena sesuai visi misi pemerintah kabupaten Asahan memiliki komitmen yang tinggi terhadap pembangunan SDM, diantaranya mutu pendidikan,” ungkapnya.

Menurutnya, kepala sekolah mempunyai peran yang sangat strategis di dalam memajukan SDM. Bahwa di bawah kepala sekolah ada banyak anak bangsa yang harus berproduktif dan memiliki daya saing.

“Kepala sekolah merupakan tugas tambahan guru yang strategis dalam penyelenggaraan pendidikan, kualitas dan kemajuan sekolah sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolahnya. Oleh karena itu, kepala sekolah di tuntut harus memfokuskan diri dalam memikirkan upaya untuk mengembangkan sekolah yang dipimpinnya guna meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing,” papar John Hardi.

Ia juga mengingatkan bahwa dalam pelayanan publik di bidang pendidikan harus mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan profesionalisme. Semua kebijakan kegiatan kepala sekolah harus dalam koridor regulasi yang telah ditetapkan.

“Kepada Kepala Dinas Pendidikan agar terus membina, mendukung dan memberikan fasilitas kepada kepala sekolah sehingga mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik di bidang pendidikan guna mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter,” ujarnya.

Rangkaian acara pelantikan diakhiri dengan mendengarkan ceramah yang disampaikan Ketua Imtaq Kabupaten Asahan H. Ahmad Qosim Marpaung.

Dalam ceramahnya, ia menyampaikan pentingnya bagi seorang guru untuk menanamkan sifat pemaaf dan ikhlas pada dirinya.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Kepala BKD Nazaruddin, Kepala Dinas Pendidikan H. Supriyanti, dan undangan lainnya.(M.Achyar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.