Hemmen

Shin Tae-yong Cari Pemain Penyerang di Belanda

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Daya gedor penyerang Timnas Indonesia dinilai kurang maksimal, pelatih Shin Tae-yong, siap terbang ke Belanda dan negara lain untuk cari penyerang keturunan.

“Mungkin saya akan terbang ke Belanda atau negara mana pun untuk mencari pemain-pemain berdarah Indonesia. Jadi itu salah satu solusi untuk melengkapi pemain di posisi penyerang,” lanjut pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Saat ini ada penyerang FC Utrecht, Ole Romeny, yang memiliki darah Indonesia. Mengutip dari akun Instagram @futboll.indonesiaa, Ole Romeny yang mencetak 11 gol di Liga Belanda 2022-2023 memiliki darah Indonesia dari sang nenek.

Selain Ole Romeny, ada Dean Zandbergen (Sparta Rotterdam) dan Delano Ladan (Top Oss), penyerang yang memiliki darah Indonesia. Bahkan yang disebut terakhir sudah terang-terangan tertarik memperkuat Timnas Indonesia.

BACA JUGA  STY Optimistis Spasojevic Tunjukkan Performa Terbaik

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia diperkuat lima penyerang. Sebut saja Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan dan Hokky Caraka.

Dari lima penyerang di atas, tiga pemain di antaranya sempat diturunkan yakni Rafael Struick, Hokky Caraka dan Dimas Drajad. Sayangnya, tak ada satu pun dari mereka yang berhasil mencetak gol.

Secara permainan (khususnya saat melawan Australia), kualitas Timnas Indonesia sangat baik, namun minusnya dalam penyelesaian akhir. Karena itu, banyak pencinta sepakbola Tanah Air yang mendorong PSSI untuk mencari penyerang keturunan di luar negeri.

“Memang komposisi penyerang masih menjadi masalah. Saat ini saya sudah berdiskusi dengan pak Erick (Ketua Umum PSSI) agar kita bisa dapat pemain baru yang lebih kuat,” kata Shin Tae-yong, mengutip dari YouTube Liputan6, Selasa (6/2/2024), melalui Okezone. (06)

Kesbangpol Banten