Hemmen

Sinergi Penyelenggaraan Angkutan Laut Pelabuhan Tanjung Priok Sambut Libur Nataru

Nataru Pelabuhan Tanjung Priok
Konferensi Pers Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Rabu (20/12/2023). (Foto: istimewa)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Demi kelancaran dan keamanan angkutan laut, selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024, sejumlah instansi terkait di Pelabuhan Tanjung Priok telah bersinergi agar berjalan dengan baik.

Kolaborasi bersama ini untuk memastikan keamanan, keselamatan, kesehatan, dan ketertiban angkutan laut selama periode musim liburan Nataru di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Takwim Masuku, menyampaikan bahwa langkah- langkah yang telah diambil untuk meningkatkan pengawasan, keselamatan, dan pengamanan di pelabuhan.

“Kami sudah melakukan uji petik terhadap 14 kapal yang akan beroperasi pada musim Natal dan Tahun Baru 2024 serta membuka Posko Terpadu di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok, mulai 18 Desember hingga 8 Januari 2024 dan bekerja sama dengan PT Pelni dan PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dalam pengawasan debarkasi dan embarkasi penumpang,” ujarnya dalam keterangan pers di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (20/12/2023).

BACA JUGA  Peringatan Satu Abad PSHT, Polres Madiun Lakukan Pengamanan

Masalah keamanan, AKP Ikrom Baihaki dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok menekankan peran penting kepolisian dalam menjaga keamanan.

“Kami telah meningkatkan patroli dan pengawasan di sekitar pelabuhan untuk mencegah potensi ancaman keamanan dan menurunkan 196 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Pelabuhan tanjung priok,” ucapnya.

Sedangkan masalah kesehatan, kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, dr. Santi mengimbau masyarakat agar mendatangi fasilitas kesehatan untuk divaksin booster kembali.

“Mengingat efisiensi vaksin booster hanya 6 bulan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Tanjung Priok membuka layanan vaksin booster. Untuk pencegahan penularan Covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok, ini merupakan tugas rutin kami, sehingga kami mengupdate negara-negara yang memiliki trend kenaikan Covid- 19, dan melaksanakan SOP kedatangan kapal asing di Pelabuhan Tanjung Priok,” jelasnya.

BACA JUGA  Pelni Mulai Layari Trayek Luar Negeri

Sementara Kepala Cabang PT Pelni DKI Jakarta, Anwar Sanusi, pada kesempatan tersebut memberikan gambaran mengenai persiapan dan peningkatan layanan angkutan laut selama musim ini.

“Sebanyak delapan kapal PT Pelni telah dilakukan uji petik dengan hasil laik laut, PT Pelni siap memberikan layanan yang optimal untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama musim liburan ini,” terangnya.

PT Pelindo 2 Regional Tanjung Priok, diwakili Senior Manager PT Pelindo 2 Regional Tanjung Priok, Denny Sonjaja, menyampaikan upaya perusahaan dalam memastikan operasional pelabuhan berjalan lancar.

“Kami telah meningkatkan koordinasi dengan semua pihak terkait, dan meningkatkan fasilitas umum yang tersedia di terminal penumpang, agar para penumpang merasakan kenyamanan,” harapnya.

BACA JUGA  Pangdam Jaya Laksanakan Pamwaskita Melepas Keberangkatan Presiden

Semua pihak berharap agar masyarakat dapat menikmati perjalanan mereka dengan aman dan nyaman.

Konferensi pers tersebut dihadiri Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, PT Pelindo 2 Regional Tanjung Priok, PT Pelni DKI Jakarta, dan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok.(PR/01)

Barron Ichsan Perwakum