Surat ke-10 OC Kaligis ke Jokowi, Minta Uang Tabungannya Rp 30 Miliar Dikembalikan Jiwasraya

Advokat senior OC Kaligis, saat merayakan ultah ke-80 di Jakarta, Minggu, 19 Juni 2022, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah panjang umur (Foto: istimewa)

“Saya percaya, bila bapak sempat membaca surat saya ini, dan ini adalah surat saya yang ke-10, pasti Jiwasraya akan mengembalikan uang saya sesuai dengan putusan pengadilan, karena saya mengikuti pidato kenegaraan bapak pada tanggal 16 Agustus 2022 lalu di DPR-RI, bahwa hukum harus ditaati.”

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pengacara senior OC Kaligis kembali melayangkan surat pengaduan untuk yang ke-10 kalinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), soal uang tabungannya sebesar kurang lebih Rp30 miliar yang hingga saat ini belum juga dikembalikan oleh PT Asuransi Jiwasraya. Padahal menurut OC Kaligis, pengembalian uang tabungannya berdasarkan perintah pengadilan.

IMG-20220125-WA0002

“Sebelum mengajukan permohonan ini kepada Bapak Presiden yang saya hormati, saya telah melakukan semua upaya hukum, baik melalui mediasi dan terakhir pengadilan,” kata OC Kaligis, dalam keterangannya, Sabtu (3/9/2022).

Praktisi hukum kelahiran Makassar ini, menerangkan, dua putusan pengadilan, masing-masing putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 219/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst dan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta No. 176/Pdt/2022/PT.DKI Jakarta, amar putusannya memerintahkan PT. Asuransi Jiwasraya mengembalikan uang miliknya sebesar kurang lebih Rp.30 milyar. Dan saat ini saya sedang mengajukan permohonan eksekusi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Saya percaya, bila bapak sempat membaca surat saya ini, dan ini adalah surat saya yang ke-10, pasti Jiwasraya akan mengembalikan uang saya sesuai dengan putusan pengadilan, karena saya mengikuti pidato kenegaraan bapak pada tanggal 16 Agustus 2022 lalu di DPR-RI, bahwa hukum harus ditaati,” ujar OC Kaligis.

Berikut isi surat pengaduan OC Kaligis selengkapnya yang ditujukan kepada Presiden Jokowi terkait pengembalian uang tabungannya di Jiwasraya:  

Jakarta, 2 September 2022
No. 554/OCK.IX/2022

Kepada yang Saya hormati,
Bapak Ir. H. Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia
Di
Jakarta

Hal : Mohon Pengembalikan Uang Tabungan Saya Sebesar Kurang Lebih Rp30 Miliar dari Jiwasraya.

Dengan segala hormat,

Saya, Prof. DR. O.C.KALIGIS, S.H.,M.H., Advokat/Pengacara, beralamat di Jl. Majapahit No.18 – 20, Kompleks Majapahit Permai Blok B-122-123, Jakarta Pusat. Untuk kesekian kalinya tanpa putus asa, memohon kepada Bapak Presiden agar uang tabungan hasil keringat saya selama menjadi pengacara dikembalikan oleh Jiwasraya.

Fakta singkat mengenai uang tabungan itu:

1.Saya menabung ke Jiwasraya, karena Jiwasraya melalui bank saya, BTN, meyakinkan saya melalui proyek Protection Plan, uang saya pasti kembali.

2. Semua dokumen perjanjian telah dibuat.

3. Sebelum mengajukan permohonan ini kepada Bapak Presiden yang saya hormati, saya telah melakukan semua upaya hukum, baik melalui mediasi dan terakhir pengadilan.

4. Dua (2) putusan pengadilan, masing-masing putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 219/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst dan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta No. 176/Pdt/2022/PT.DKI Jakarta (terlampir L-1 dan L-2), yang amar putusannya memerintahkan PT. Asuransi Jiwasraya mengembalikan uang saya sebesar kurang lebih Rp.30 milyar. Dan saat ini saya sedang mengajukan permohonan eksekusi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (terlampir L-3).

5. Saya percaya, bila Bapak sempat membaca surat saya ini, dan ini adalah surat saya yang ke-10, pasti Jiwasraya akan mengembalikan uang saya sesuai dengan putusan pengadilan, karena saya mengikuti pidato kenegaraan bapak pada tanggal 16 Agustus 2022 lalu di DPR-RI, bahwa hukum harus ditaati.

6. Putusan pengadilan adalah perintah yang harus ditaati oleh Menteri Erick Thohir dan Jiwasraya, nyatanya saya cuma dijanji-janjikan akan dibayar, padahal saya mengetahui Menteri Keuangan R.I. sudah mendrop uang sebesar Rp. 21 Triliunan agar nasabah bisa menerima kembali uangnya.

7. Semoga surat saya yang ke-10 ini yang saya kirimkan kepada bapak, bersama dengan lampiran bukti-buktinya dapat menjadi atensi Bapak Presiden di tengah kesibukan bapak yang luar biasa memimpin negara ini.

8. Mohon maaf bila surat-surat saya untuk memperjuangkan hak saya, kembali saya layangkan kepada bapak, kepada siapa saya mengadu, karena baik Erick Thohir, Jiwasraya dan Komisi III DPR-RI sama sekali tidak memberikan tanggapan dalam rangka memperjuangkan hak saya.

9. Atas perhatian dan bantuan Bapak Presiden, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

PROF. DR. O.C. KALIGIS

Lampiran :
-Amar Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.219/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst.
-Amar Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta No.176/Pdt/2022/PT.DKI Jakarta
-Permohonan Eksekusi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.