Hemmen

Survei Kemenhub: 107 Juta Orang Lakukan Perjalanan Selama Nataru 2024

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Ratusan juta orang bakal melakukan perjalanan selama liburan Nataru 2024, demikian hasil survei Kementerian Perhubungan.

“Kita mendapatkan hasil bahwa potensi pergerakan masyarakat ini mencapai 39,83 persen dari total populasi atau senilai 107,63 juta, jadi sebanyak inilah masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama Nataru dan ini naik 143 persen jika dibandingkan Nataru tahun lalu,” ujar Kemenhub, Budi Karya dalam keterangan resminya.
Dari jumlah tersebut, pergerakan masyarakat masih didominasi dengan kendaraan pribadi. Dimana kendaraan roda empat ada sebanyak 39,97 juta atau sekitar 35,5 persen disusul dengan kendaraan roda dua atau motor, itu sebanyak 20,14 juta, 17,92 persen.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Baru setelah itu transportasi umum kereta, pesawat, bis, kapal penyebrangan, kapal laut dan angkutan lainnya termasuk kereta cepat.

BACA JUGA  PBNU: 1 Ramadhan 1445 H, Selasa 12 Maret 2024

“Ini ada sekitar 296 ribu yang menyatakan akan menggunakan kereta cepat untuk melakukan perjalanan selama Nataru,” tambahnya.

Karenanya pemerintah sudah menyiapkan banyak hal untuk mengantisipasi kepadatan, apalagi kalau melihat latar belakang berpergiannya, atau tujuan berpergian.

“Ternyata 45,2 persen itu tujuannya adalah untuk berwisata, sementara 30 persen itu untuk pulang kampung, baru yang merayakan Natal dan Tahun Baru itu 18,98 persen, lalu lain-lain,” beber Budi lagi seperti dilansir dari Uzone.id.

 

Barron Ichsan Perwakum