Hemmen

Tiongkok Protes Filipina Soal Kapal

ilustrasi
ilustrasi

SUDUTPANDANG.ID – Tiongkok melayangkan protes keras terhadap Filipina atas insiden yang menyebabkan kapal kedua negara nyaris bertabrakan di perairan Laut China Selatan.

“China memprotes keras dan menyesalkan kejadian itu,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning di Beijing, Jumat (28/4/2023).

China mendesak Filipina menghormati kedaulatan dan hak serta kepentingan negaranya di Laut China Selatan, serta meminta Manila berhenti melakukan tindakan yang dapat memperkeruh situasi.

Mao menuduh dua kapal Angkatan Laut Filipina menyusup ke perairan sekitar atol Renai pada 23 April tanpa mendapatkan izin dari otoritas China.

Atol Renai merupakan bagian dari Kepulauan Nansha yang diklaim sebagai wilayah China.

BACA JUGA  Beda dengan Indonesia, Begini Tren Ngopi di Malaysia

“Salah satu dari kapal itu sengaja melakukan tindakan provokatif dengan mendekati kapal Angkatan Laut China,” kata Mao dalam pengarahan pers rutin.

Menurut dia, kapal China melakukan manuver secara terkendali untuk menghindari tabrakan dengan kapal Filipina.

“Yang perlu saya tekankan bahwa penyusupan kapal Filipina yang membawa para jurnalis ke perairan atol Renai merupakan provokasi terencana yang sengaja untuk menciptakan gesekan dan menyalahkan pihak China,” ujar Mao.

Insiden ini terjadi sehari setelah Menteri Luar Negeri China Qin Gang bertemu Menlu Filipina Enrique Manalo di Manila pada 22 April 2023 lalu.(ant/01)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan