Turki Resmi Ganti Nama Negara

Turki resmi berganti nama menjadi Turkey (Foto:dok.wikipedia)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pemerintah Turki resmi mengganti nama negara secara pengucapan dan penulisan. Pergantian nama dari Turkiye menjadi Turkey telah disetujui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sejak diumumkan oleh PBB, pada Rabu (1/5/2022), nama baru Turki yaitu Turkiye mulai digunakan dalam berbagai bahasa dunia.

IMG-20220125-WA0002

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric mengatakan, PBB menerima surat dari Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu yang ditujukan kepada Sekjen PBB Antonio Guterres, yang berisi permintaan pergantian nama resmi negara.

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu pada hari Selasa (31/5) lalu, telah mengirim surat resmi ke PBB, dan organisasi-organisasi internasional lain.

“Bersama dengan Direktorat Komunikasi, kami telah berhasil mempersiapkan landasan yang baik untuk ini,” kata Cavusoglu di kantor pusat Anadolu Agency di Ankara.

sebelumnya, upaya perubahan nama menjadi Turkiye dimulai pada Desember 2021.

Kala itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merilis sebuah memorandum dan meminta publik menggunakan Turkiye untuk menyebut negara itu dalam setiap bahasa.

Erdogan, dalam memorandum yang sama, menyarankan perusahaan menggunakan label “Made in Turkiye” (buatan Turkiye) daripada “Made in Turkey” untuk barang ekspor mereka.

Lembaga negara juga diinstruksikan untuk menggunakan Turkiye dalam korespondensi mereka, terutama dengan organisasi internasional, bukan Turki, Turkei, dan Turquie.(red)

Sumber: Anadolu Agency

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.