oleh

Unimog, Truk Gahar Tunggangan Ahmad Dani Saat Keluar dari Penjara

Jakarta, SudutPandang.id-Mercedes-Benz (Mercy) Unimog menjadi terkenal, karena sempat menjadi armada massa pendukung salah satu capres saat berusaha menerjang barikade kawat berduri Polisi menjelang putusan sidang Mahkamah Konstitusi.

Kendaraan roda 4 ini juga menjadi tunggangan pentolan band Dewa 19, Ahmad Dhani, saat keluar dari LP Cipinang, akhir tahun 2019 lalu. Unimog dengan gagah menyusuri jalan menuju tempat kediaman Dhani di Jakarta Selatan.

Keberadaan Unimog di Tanah Air terbilang langka. Truk multi guna dengan pilihan penggerak empat roda dan enam roda tersebut tidak dijual resmi oleh Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai agen pemegang mereknya.

Unimog berasal dari bahasa Jerman yang merupakan singkatan ‘Universal Motor Gerat’. Truk kelas menengah tersebut diproduksi oleh Mercedes-Benz sejak 1951, dan sampai sekarang sudah ada beberapa varian yang mengaspal.

Truk berlogo Three Pointed Star yang terlihat sangat gahar tersebut semula digunakan untuk mengangkut kayu di hutan, dan hasil pertambangan karena kemampuannya di medan off road. Namun seiring waktu, truk dengan ground clearance jangkung tersebut juga digunakan sebagai kendaraan militer di padang pasir Mesir.

Kendaraan ini juga kerap diikutkansertakan dalam ajang ketahanan atau aktivitas otomotif ekstrem seperti Reli Dakar. Truk ini tersedia dalam dua seri, Medium 405 atau UGN (U200 dan U500) dan Heavy 437 atau UHN (model U4000 dan U5000).

Aktor sekaligus mantan Gubernur California, Amerika Serikat, Arnold Schwarzenegger merupakan penyuka mobil ini. Lelaki yang pernah menikahi Maria Shriver Kennedy ini mengkoleksi Unimog lansiran 1977 berdimensi tinggi 2,7 m dan bobot 6 ton.

Kini, Unimog milik Arnold Schwarzenegger telah berpindah tangan, sudah dilelang oleh sebuah dealer mobil di Texas, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Harga lelangnya mencapai Rp 4,87 miliar.(gus)

BACA JUGA  Oplet Si Doel, Ditawar Rp1 Miliar Tak Jual, Ini kata Rano Karno

Komentar

News Feed