Yuk, Ikutan Sayembara Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru

Ilustrasi

Jakarta, Sudut Pandang.id-Sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) saat ini sedang memasuki tahap seleksi. Sekitar 30 desain telah lolos seleksi dan akan disaring lagi menjadi 5 desain.

Demikian menurut Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (16/12/2019).

IMG-20220125-WA0002

Danis mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan setelah ini akan ada lagi sayembara kedua khusus untuk desain kawasan pemerintahan seperti istana kepresidenan. Karena desain-desain sekarang belum secara spesifik menggambarkan bangunan yang ada di lingkungan kawasan ibu kota baru.

Menurut Danis, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) Selasa (17/12) besok, untuk mengecek lahan yang akan digunakan ibu kota baru di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.

“Waktu itu masih belum ditentukan. Sekarang kan sudah ditentukan lokasinya di Sepaku itu. Beliau ingin lebih spesifik ke daerah situ,” ujarnya.

Sayembara pertama desain berlangsung pada 3-18 Oktober 2019 lalu. Jumlah peserta yang mengikuti cukup banyak, sekitar 672 orang yang telah mendaftar secara daring.

Dari jumlah tersebut, peserta paling banyak berasal dari Jakarta (184 tim). Kemudian diikuti Jawa Barat (145 tim), Banten (53 tim), dan Jawa Timur (48 tim).

Hadiah yang akan diperoleh setiap pemenang, yaitu Pemenang I Rp2 miliar, Pemenang II Rp1250 juta, Pemenang III Rp 1 miliar, Harapan I Rp500 juta, dan Harapan II Rp250 juta.

Pemenang akan ditetapkan pada 23 Desember 2019 dan pemberian hadiah akan diserahkan pada 27 Desember 2019. Untuk yang mau ikutan sayembara kedua desain ibu kota baru, siap-siap saja. Karena setelah diumumkannya pemenang, akan dibuka lagi sayembara kedua.(gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.