Kenang Jasa Pahlawan, Dandim 0819/Pasuruan Gelar Upacara

Pahlawan
Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh. Noor Iskak, S.T., Bertindak sebagai Inspektur Upacara bendera 17an (Foto:Kodim0819/pasuruan)

PASURUAN, SUDUTPANDANG.ID –Guna mengenang jasa para pahlawan dan bentuk penghormatan kepada pendahulu yang telah berjasa demi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kodi. 0819/Pasuruan menggelar Upacara Bendera 17-an bulan Juli 2024.

Upacara bendera yang dilaksanakan secara rutin setiap hari senin dan setiap tanggal 17, di Lapangan Makodim 0819/Pasuruan Jl. Veteran No.5 Kota Pasuruan.

Kemenkumham Bali

Dalam upacara bendera tersebut, Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh. Noor Iskak, S.T.,
Bertindak sebagai Inspektur Upacara.
Sedangkan pejabat Komandan Upacara (Danup) Lettu Inf. Kholiq yang keseharian menjabat sebagai Danramil 0819/26 Tosari. Rabu, (17/7/2024).

Dalam rangkaian kegiatan Ucapan Bendera juga di sajikan beberapa pengucapan yakni Pembukaan UUD 1945, Sapta Marga, serta pengucapan Panca Prasetya Korpri sebagai pedoman dalam menjalankan tugas sebagai aparat kewilayahan.

BACA JUGA  Tuan Rumah Kalsel Juara Umum Porwanas XIV Tahun 2024

Dalam amanatnya yang disampaikan oleh Jendral TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. selaku Panglima TNI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Letkol Arh. Noor Iskak bahwa, kondisi geopolitik global dan regional belum menunjukkan tanda-tanda perubahan yang signifikan pada awal semester ke-2 tahun 2024.

“Panglima TNI berharap, Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai garda terdepan dan benteng terakhir bangsa Indonesia, selalu senantiasa waspada dan dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Mengakhiri amanat, dalam mengawal serta mensukseskan pilkada serentak di tahun 2024 sesuai amanat Undang-undang, TNI memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional.

Diharapkan seluruh Prajurit dan PNS TNI wajib berpegang teguh pada pedoman Netralitas TNI dan mengoptimalkan sinergitas TNI – Polri.

BACA JUGA  Kalahkan 10 Pemain Nigeria 1-0, Tunisia Tantang Burkina Faso

Diketahui peserta Upacara Bendera 17an mengenang jasa Pahlawan, diantaranya Danramil Jajaran Kodim 0819/Pasuruan, Anggota Koramil jajaran yang sudah ditunjuk dan anggota PNS TNI Kodim Pasuruan. Ucapan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.(ACZ/04)