Singkirkan Malaysia, Timnas Indonesia U-19 Tantang Thailand di Final

Singkirkan Malaysia, Timnas Indonesia U-19 Tantang Thailand di Final
Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Malaysia pada laga semifinal Piala AFF 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024).(Foto:X@goalindonesia)

SUDUTPANDANG.ID – Timnas Indonesia U-19 akan menantang Thailand dalam laga final Piala AFF Cup U-19 2024. Tiket final diperoleh setelah skuad Garuda Muda berhasil menyingkirkan Malaysia pada laga semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024).

Timnas Indonesia U-19 menang dengan skor 1-0 atas Harimau Malaya. Gol kemenangan Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia dicetak oleh Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-78.

Kemenkumham Bali

Pada pertandingan tersebut, Indra Sjafri U-19 menurunkan dua penyerang sejak awal, yaitu Arkhan Kaka dan Jens Raven dengan formasi 5-3-2.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta dalam laga Indonesia vs Malaysia.

Pada babak kedua, Indra Sjafri mengubah strategi dari formasi 5-3-2 menjadi 5-2-3 dengan memasukkan dua pemain baru Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan. Keduanya menggantikan Kaka dan Figo.

BACA JUGA  Pelat Khusus Mobil Anggota DPR Dinilai Kesombongan Sosial

Serangan demi serangan terus dilakukan Garuda Muda. Jala gawang Malaysia baru dapat dirobek pada menit ke-77 melalui tendangan bek Muhammad Alfharezzi Buffon.

Sebelum menjadi gol, tembakan Buffon awalnya membentur tiang gawang terlebih dahulu memantul ke Kiper Malaysia Muhammad Haziq Aiman. Papan skor pun akhirnya berubah menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir skor tak berubah, Indonesia menang 1-0 atas Malaysia.

Selanjutnya tim besutan Indra Sjafri ini akan menghadapi Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada Senin (29/7/2024) besok.

Thailand melangkah ke final setelah mengalahkan Australia dengan skor 1-0 melalui gol bunuh diri Leonard pada menit ke-13.

BACA JUGA  Garuda Muda Tumbang 2-0 dari Uzbekistan

Sebelum melaju ke semifinal, Indonesia yang berada di Grup A tampil luar biasa.

Skuad Garuda Muda berhasil mengalahkan Filipina dengan skor telak 6-0. Kemudian menundukkan Kamboja 2-0, dan terakhir menghajar Timor Leste 6-2.

Dari hasil tersebut, Indonesia sudah berhasil mencetak 14 gol dan hanya kebobolan dua kali.(01)