Bali  

Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi, Kemenkumham Bali Gelar Supervisi Pagu Anggaran Tahun 2025

Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi, Kemenkumham Bali Gelar Supervisi Pagu Anggaran Tahun 2025
Kanwil Kemenkumham Bali melaksanakan Supervisi Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2025 di Aula Dharmawangsa selama dua hari dari 21 - 22 Agustus 2024.(Foto:Kemenkumham Bali)

“Supervisi ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap rupiah yang dialokasikan benar-benar digunakan untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.”

DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Kanwil Kemenkumham Bali melaksanakan Supervisi Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2025 di Aula Dharmawangsa. Kegiatan yang dibuka oleh Kadiv Administrasi Mamur Saputra ini berlangsung selama dua hari dari 21 – 22 Agustus 2024.

Kemenkumham Bali

Supervisi terhadap Pagu Anggaran Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali melalui penelitian terhadap dokumen usulan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) beserta data pendukungnya.

Kepala Bagian Program dan Humas, Wayan Muliarta dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya supervisi untuk memberikan keyakinan bahwa RKA-K/L yang telah disusun berdasarkan Pagu Anggaran yang ditetapkan sesuai dengan standar biaya dan kebijakan pemerintah. Untuk memenuhi kaidah perencanaan penganggaran sehingga akan menghasilkan RKA-K/L yang berkualitas dan akuntabel.

Selain itu, Muliarta menyampaikan bahwa Pagu Anggaran TA. 2025 jajaran Kanwil Kemenkumham Bali mengalami kenaikan sebesar 28,62 persen dibandingkan Pagu Indikatif TA. 2025. Kenaikan tersebut terlihat pada belanja sarana prasarana, khususnya di satuan kerja Kantor Wilayah dan Satuan Kerja Imigrasi. Kemudian kenaikan pada Belanja Barang Non Operasional Program Teknis di Satuan Kerja Pemasyarakatan khususnya Bahan Makanan (BAMA).

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan, Kadiv Administrasi, Mamur Saputra menyampaikan pentingnya kegiatan supervisi ini dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara.

“Supervisi ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap rupiah yang dialokasikan benar-benar digunakan untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan,” ujar Mamur Saputra, Rabu (21/8/2024).

Mamur berpesan agar Tim pendamping dari Biro Perencanaan, Ditjen Pemasyarakatan dan Ditjen Imigrasi untuk dapat melakukan penelitian secara profesional dan akuntabel, teliti secara rinci dan detail.

“Saya minta kepada tim pendamping, sampaikan seluruh ketidaksesuaian dan kekurangan yang masih ditemui, sehingga satuan kerja dapat segera melakukan perbaikan dalam rangka menghasilkan usulan rencana kerja dan anggaran yang pasti berkualitas serta terukur yang didasarkan pada kebutuhan,” pinta Mamur.

Peserta pada kegiatan ini berjumlah 60 orang. Terdiri dari pejabat yang menangani perencanaan dan penganggaran dan operator RKA-K/L di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali, operator RKA-K/L di masing-masing divisi serta koordinator anggaran.

Diharapkan melalui kegiatan supervisi ini, RKA-K/L yang disusun dapat lebih berkualitas, relevan, dan akuntabel. Sehingga, pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali dapat berjalan dengan optimal dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.(One/01)

BACA JUGA  Jelang Pilkel Serentak, Kapolsek Gianyar Patroli Kamtibmas Ajak Warga Jaga Kamtibmas