Besok, Kemenhub Prediksi Tidak Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Banjarmasin

Pelabuhan Trisakti
Pelabuhan Trisakti Banjarnasin/Ant

Banjarmasin, SudutPandang.id-Kementerian Perhubungan (Kemengub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dithubla) memprediksi Selasa (31/12/2019) besok, dan saat tahun baru 2020 tidak akan terjadi lonjakan penumpang yang signifikan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Untuk prediksi besok, hari Selasa, 31 Desember 2019 dan Rabu, 1 Januari 2020 lusa, kami memprediksi tidak akan terjadi lonjakan yang begitu signifikan. Kalaupun ada kenaikan, kami masih memprediksi tidak akan terlalu signifikan, karena puncak angkutan natarunya sudah lewat, tetapi meski demikian, kami tetap mengantisipasinya dengan menyiapkan kapasitas dan ketersediaan kapal,” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Capt. Mugen S. Sartoto dalam keterangan pers, Senin (30/12/2019).

IMG-20220125-WA0002

Ia menungkapkan, puncak penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sementara ini terjadi pada tanggal 27 Desember 2019 atau H-5 Tahun Baru, dengan jumlah penumpang sebanyak 554 orang.

“Sedangkan untuk puncak penumpang naik terjadi pada tanggal 22 Desember 2019 atau H-3 Natal dengan jumlah penumpang sebesar 478 orang,” jelasnya.

Mugen menjelaskan, bahwa Pelabuhan Trisakti Banjarmasin telah sesuai dengan ISPS Code. Pelabuhan ini pada akhir tahun ini telah dinyatakan comply dengan ISPS Code.

“Di situ ada standar yang harus dipenuhi kapal-kapal dari luar negeri kalau syaratnya mau bongkar atau muat harus comply dengan itu,” katanya.

“Selain keamanan, kami juga menekankan pentingnya mengutamakan keselamatan berlayar. Kita meletakkan keselamatan pelayaran ini menjadi prioritas, kita berharap kapal yang berangkat dari Banjarmasin ini betul-betul berada pada laik laut,” tegas Mugen. (bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.