Hemmen

Contraflow Kembali Diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Contraflow
Contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto:Dok.Antara)

KARAWANG, SUDUTPANDANG.ID – Petugas kembali menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow untuk mengurangi kepadatan kepadatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (24/12).

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paalo, dalam keterangannya di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jabar, Minggu (24/12), menyatakan contraflow diberlakukan atas diskresi kepolisian sejak pukul 08.20 WIB.

Kemenkumham Bali

Ria mengatakan, kali ini contraflow diterapkan satu lajur dari KM 55 sampai KM 65 ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Ia mengungkapkan,Pada musim libur Nataru ini PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol.

BACA JUGA  Bila Terbukti, Irjen Pol Teddy Minahasa Terancam Hukuman Mati

Selain itu dilakukan penyiagaan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

“Hal tersebut dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah jalan Tol Cipali agar tetap lancar pada musim libur Natal dan Tahun Baru,” ungkapnya.

Pihaknya mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol Cikampek Utama pada Sabtu (23/12) atau H-2 Natal.

Sebagai informasi, contraflow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol.

Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah, dilakukan atas diskresi kepolisian.(Ant/01)